247 Job News Saifudin Hidayat: 8 Tips Menghindari Utang yang Efektif Meskipun Penghasilan Rendah

Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top

Bengkel cargo lift online , 247 Job News ,Jpg, IMG, multimedia, Content Source wa.me/+6288210361307, https://m.youtube.com/channel/UCaTU8X9o5R44rTRom92svAQ Privasi Policy,Tentang Kami, Hubungi Kami, Mohon Dukungannya Blog ini Akan mengulas Menu Makanan, karena butuh Trafik dan kenyamanan pengunjung Terima kasih

Popular Posts

Jumaat, 15 Oktober 2021

8 Tips Menghindari Utang yang Efektif Meskipun Penghasilan Rendah

8 Tips Menghindari Utang yang Efektif Meskipun Penghasilan Rendah



Utang merupakan sesuatu yang buruk, bahkan sangat buruk bagi sebagain orang. Meskipun bisa sangat membantu, adanya utang malah tetap banyak menimbulkan banyak kehancuran bagi sebagian orang. Karena itulah, tips menghindari utang yang akan kami bagikan ini bisa sangat berguna bagimu, terutama untuk menjaga kondisi keuanganmu tetap sehat.
Sebenarnya, masalah utama orang-orang yang memiliki banyak utang bukanlah kekurangan uang, melainkan karena minimnya pengetahuan dalam mengelola keuangan. Hal ini juga menjadi penyebab utama banyak orang sulit kaya, atau jatuh miskin.
Contoh lain tentang minimnya ilmu dalam mengelola keuangan bisa kita jumpai di tengah masyarakat. Dulu sempat viral tentang orang-orang disebuah kampung yang mendapatkan uang milyaran dalam waktu singkat. Tapi, uang tersebut hanya tinggal tersisa sedikit hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Istilah lain untuk menyebut orang-orang seperti ini adalah orang bermental miskin.
Untuk menghindari utang, tidak serta merta hanya dengan memiliki banyak uang. Tapi, sebaiknya kamu lakukanlah beberapa hal berikut ini. Silahkan di baca dengan seksama.

Selalu patuhi batas pengeluaran
Setiap bulannya, kamu pasti sudah mengatur penghasilanmu ke dalam beberapa bagian. Jika belum, silahkan lakukan mulai dari sekarang.
Secara garis besar, pengeluaran seseorang biasanya hanyalah kebutuhan dan keinginan. Keduanya memiliki peran penting dalam hidupmu. Kebutuhan kamu butuhkan untuk memenuhi hidup sehari-hari. Sedangkan keinginan untuk membuatmu bahagia dan tetap menjaga kewarasanmu
Setidaknya, sekitar 70% bisa dialokasikan untuk kedua hal tersebut, dengan 50% kebutuhan dan 20% keinginan. Kemudian, kamu harus membuat komitmen untuk benar-benar mematuhi batas pengeluaranmu. Jangan sampai sifat konsumtif yang kamu lakukan malah menjerumuskanmu ke dalam jeratan utang. Karena itu bisa saja menjadi awal kehancuranmu.

Investasikan uangmu
Cara terbaik untuk menyimpan uang bukanlah dengan menyimpannya pada tabungan. Karena jika kamu hanya menyimpannya saja, nilai uang tersebut malah akan semakin berkurang karena tergerus oleh infuangm
Berinvestasi bisa menjadi solusimu. Selain akan membuat uangmu bertambah, uang tersebut juga bisa kamu gunakan saat keadaan darurat. Dengan begitu, kamu pun bisa dengan mudah menghindari utang. Selain itu, uang dari hasil investasi tersebut mungkin bisa membantumu sebagai tambahan penghasilan.
Reksadana pasar uang dan pendapatan tetap bisa kamu pilih sebagai instrumen investasi. Jangan lupa pilih yang syariah jika kamu menginginkan investasi yang sesuai dengan syariat Islam.

Alokasikan sedikit penghasilan untuk dana darurat
Setiap bulannya, kamu harus menyisihkan sedikit penghasilan sebagai dana darurat. Tidak perlu besar-besar, sisihkan saja maksimal 10% dari total penghasilanmu. Dana ini akan sangat berguna bagimu di kemudian hari.
Alih-alih berutang, kamu bisa menggunakan dana darurat tersebut saat dalam kondisi keuangan yang buruk. Dengan begitu, kamu bisa menghindari salah satu hal yang buruk, yaitu utang.
Untuk dana darurat ini, sebaiknya bukalah rekening khusus untuk menyimpannya. Rekening ini hanya kamu gunakan untuk menyimpan dana, dan tidak boleh kamu gunakan untuk bertransaksi. Dengan begitu, usahamu dalam menyimpan dana darurat bisa jauh lebih optimal.

Jauhi gengsi
Tips menghindari utang yang ke-4 adalah menjauhi gengsi. Diluar sana, ada orang yang rela berutang hanya untuk membuat orang-orang disekitarnya terkesan. Dan itu adalah salah satu hal terbodoh di dunia ini. Alih-alih membuat orang terkesan, sebenarnya kamu malah membawa hidupmu ke sisi jurang kesengsaraan.
Uang yang kamu dapatkan dari utang, malah kamu gunakan untuk membeli barang-barang konsumtif. Terlebih lagi, barang-barang tersebut nilainya tidak akan sama lagi saat kamu menjualnya di kemudian hari.
Jadi, jangan hidup dengan rasa gengsi. Tampilah apa adanya dengan apa yang kamu punya. Jangan mengikuti tren jika hanya untuk tampil setara dengan teman-temanmu. Lebih baik hidup sederhana tapi tetap memiliki kebahagiaan dan ketenangan di setiap harinya.

Tekan pengeluaran sekecil mungkin
Pengeluaran yang terlalu besar bisa saja menjadi salah satu faktor utama dirimu harus berutang. Jika mengatur penghasilan ke dalam beberapa bagian tidak efektif kamu gunakan. Maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menekan pengeluaran sampai pada titik yang sekecil-kecilnya.
Cara yang satu ini memang cukup ekstrim. Tapi pasti akan efektif untuk membuatmu terhindar dari utang. Belilah sesuatu yang kualitasnya standar saja, jangan pilih yang premium. Selain itu, selalu bandingkan harga di setiap toko dan marketplace saat mau berbelanja online. Selain itu, hindarilah membeli barang-barang yang sekiranya tidak terlalu penting untukmu.

Cerdas dalam berbelanja
Terhubung dengan poin nomor 5, yaitu membandingkan harga pada saat berbelanja online. Karena itulah, saya sarankan untuk membeli barang secara online daripada online. Karena, membeli barang secara online bisa lebih murah dan hemat biaya transportasi.
Jangan lupa juga untuk memanfaatkan berbagai promo yang disediakan oleh toko maupun marketplace. Promo seperti cashback, gratis ongkir, dan yang lainnya bisa sangat membantumu.
Selalu ingat untuk menghindari jebakan utang lain saat berbelanja online, yaitu PayLater. Meskipun membantu bagi beberapa orang, tapi kamu tidak perlu penasaran untuk mencobanya, apalagi jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki prinsip anti riba.

Cari penghasilan tambahan
Alih-alih menambal pengeluaran menggunakan utang, kamu bisa mencari penghasilan lain yang untuk menambalnya. Selain itu, , HP mu juga bisa menjadi tambang emas yang sangat menguntungkan.
Tidak perlu berpikir menjadi reseller, karena modalnya cukup besar. Kamu bisa menjadi seorang dropshipper dan juga affiliate marketer. Keduanya merupakan bisnis yang menguntungkan, meskipun bisa dilakukan tanpa modal sama sekali.
Pelajarilah caranya di Youtube maupun Google. Masuk grup-grup terkait di Facebook, dan cari rujukan-rujukan lain dari pengalaman orang-orang di Quora. Jika kamu rasa sangat menguntungkan, sepertinya kamu harus meninggalkan pekerjaanmu dan mulai fokus menjadi seorang pebisnis.

Catat transaksi keuangan sedetail mungkin
Keuangan yang sehat ditandai dengan lebih banyaknya penghasilan daripada pengeluaran. Jika pengeluaranmu lebih besar, bahkan sampai memiliki utang yang menumpuk, maka itu tandanya kamu harus mulai berbenah diri dan memperbaiki semuanya.
Untuk mengetahui kondisi keuanganmu, melakukan pencatatan secara rutin harus kamu lakukan. Catat secara detail setiap yang yang masuk dan juga keluar.
Alih-alih mencatatnya pada buku yang sangat merepotkan, kamu bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yang lebih praktis. Setelah itu, hitunglah persentase pengeluaranmu terhadap penghasilan pada setiap bulannya. Jika lebih dari 70%, kamu harus menganalisis apa saja yang membuat keuanganmu membengkak. Kemudian perbaikilah dan jangan mengulanginya di kemudian hari.

Nah itulah tips menghindari utang yang sangat efektif. Tidak ada batasan penghasilan untuk menggunakan tips-tips di atas. Siapapun bisa melakukannya dengan mudah. Menghindari utang merupakan cara awal yang harus kamu lakukan untuk membangun aset keuangan. Jika tidak memiliki utang, kamu bisa leluasa menggunakan uangmu untuk melakukan banyak hal. Selain itu, tidak memiliki utang juga bisa membuat hidupmu lebih tenang. 



Saifudin Hidayat

Home

Ilustrasi Iklan 5 bengkelcargoliftonline.com


Tiada ulasan:





Adsense

Senarai Blog Saya

by saifudin hidayat ketegan Timur Sidoarjo