247 Job News Saifudin Hidayat: 6 Tips Hemat Belanja Online Agar Pengeluaranmu Bisa Terkontrol

Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top

Bengkel cargo lift online , 247 Job News ,Jpg, IMG, multimedia, Content Source wa.me/+6288210361307, https://m.youtube.com/channel/UCaTU8X9o5R44rTRom92svAQ Privasi Policy,Tentang Kami, Hubungi Kami, Mohon Dukungannya Blog ini Akan mengulas Menu Makanan, karena butuh Trafik dan kenyamanan pengunjung Terima kasih

Popular Posts

Jumaat, 15 Oktober 2021

6 Tips Hemat Belanja Online Agar Pengeluaranmu Bisa Terkontrol


6 Tips Hemat Belanja Online Agar Pengeluaranmu Bisa Terkontrol



Belanja online merupakan sesuatu yang saat ini sudah lumrah dilakukan oleh masyarakat. Kemudahan berbelanja online juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah pemborosan. Karena itulah, sekarang kami akan memberikan beberapa tips belanja online yang harus kamu lakukan.
Teknologi membuat banyak pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Jika dulu orang-orang perlu keluar rumah untuk membeli sesuatu, sekarang kita bahkan bisa membeli kulkas hanya dengan ujung jari.
Memanfaatkan teknologi memang sangat menguntungkan. Tapi bagai pisau bermata dua, teknologi juga bisa memberikan banyak dampak negatif yang cukup signifikan. Salah satunya ada dalam teknologi berbelanja online, yaitu pemborosan. Karena mudah, banyak orang menjadi terlena dengan hal ini. Mereka jadi tidak banyak berpikir dan malah menghambur-hamburkan uang mereka hanya untuk belanja barang-barang yang kurang diperlukan, dengan alasan mudah dilakukan.
Mengontrol diri dan kemampuan mengelola keuangan sangat dibutuhkan disini. Kita harus bisa mengendalikan pisau bermata dua itu agar bisa memberikan banyak manfaat. Sekarang saya akan memberikan sebagian kecil caranya. Yaitu tips hemat belanja online. Berikut daftar beserta penjelasannya.

Atur anggaran dengan baik
Mengatur anggaran merupakan hal yang sangat penting kamu lakukan dalam mengatur keuangan, termasuk dalam belanja online. Sebelumnya, kamu harus mengatur dulu anggaran bulanannmu. Bagi gajimu ke dalam beberapa bagian seperti kebutuhan, tabungan, dan keinginan.
Untuk belanja online, kamu bisa mendapatkan anggaran dari hasil membagi bagian kebutuhanmu ke dalam 2 bagian secara garis besar, yaitu belanja offline dan online. Tentu saja hal ini harus kamu sesuaikan sendiri. Pikirkan apa saja hal-hal yang sebaiknya dibeli secara online, dan apa saja yang layak dibeli secara online.
Jika boleh kami sarankan, sebaiknya kamu alihkan saja semuanya ke dalam belanja online. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot membaginya lagi. Sekarang, kamu tinggal bua daftar barang yang harus kamu beli untuk kebutuhanmu. Sisanya bisa kamu belikan ke barang-barang yang kamu inginkan.

Manfaatkan promo dengan baik
Marketplace biasanya menyediakan berbagai promo yang cukup menguntungkan pembeli. Saat ini, Tokopedia dan Shopee merupakan 2 marketplace yang kami sarankan untuk kamu gunakan. Karena, keduanya banyak memberikan promo menarik mulai dari cashback, diskon, sampai gratis ongkir.
Tapi, saya lebih memilih Tokopedia untuk digunakan berbelanja online. Soal promo, marketplace ini tidak kalah dari pesaingnya. Terlebih lagi, Tokopedia memiliki tampilan yang jauh lebih menarik, rapi, mudah digunakan daripada Shopee yang terlihat rumit, acak-acakan dan kurang menarik.
Di Tokopedia, kamu bisa mendapatkan promo bebas ongkir dengan sangat mudah. Tapi, promo ini hanya dapat digunakan untuk pengiriman instant/same day/reguler/cargo dengan memilih kurir Mitra untuk proses pengiriman. Selain itu, promo lain juga banyak disediakan oleh Tokopedia. Jadi, kamu tinggal rajin saya cek promo. Siapa tahu dapat promo yang bagus.

Jangan malas membandingkan harga
Salah satu aturan penting dalam tips hemat belanja online adalah jangan malas membandingkan harga. Barang yang dijual di setiap toko biasanya memiliki harga yang berbeda-beda. Jadi, jangan puas hanya dengan 1 toko saja. Silahkan cek juga di toko lainnya. Selain itu, kamu juga tidak boleh lupa untuk mengecek lokasi tokonya, karena hal tersebut bisa berpengaruh pada biaya ongkir yang harus kamu bayar.
Selain mengecek harga pada setiap toko, jangan lupa juga untuk mengecek pada setiap marketplace. Harga barang A di Shopee biasa saja berbeda dengan harganya di Tokopedia. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek harga di marketplace lain seperti Lazada dan Bukalapak. Jika kamu menemukan harga yang paling murah, maka hal tersebut bisa sedikit menghemat uangmu. Tapi jangan lupa juga untuk mengecek otoritas tokonya untuk menghindari penipuan.

Pilih yang lokasi toko paling dekat
Tips hemat belanja online yang ke-4 adalah memilih lokasi toko yang paling dekat. Biaya ongkos kirim pasti berbeda pada setiap tujuan. Memilih toko yang paling dekat merupakan cara terbaik untuk meminimalisir biaya ongkir dan menghemat uangmu. Hal ini terutama berlaku jika kamu tidak memiliki promo bebas ongkir.
Biasanya, marketplace seperti Tokopedia dan Shopee sudah memberikan informasi yang cukup jelas tentang lokasi toko penjual. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur filter untuk menemukan toko-toko yang lokasinya dekat dengan rumahmu.
Jika berbelanja online selain di marketplace, mungkin mereka tidak langsung menyajikan informasi ongkir yang harus kamu bayar. Karena itulah, kau bisa memanfaatkan aplikasi cek ongkir seperti RajaOngkir untuk mengecek ongkos kirim.
Hal penting dalam hal ini adalah kamu tidak boleh terlalu fokus mencari toko yang lokasinya dekat, sehingga kamu melupakan otoritas toko tersebut. Jadi, carilah toko terdekat dengan otoritas yang ideal.

Pilih jasa pengiriman yang paling murah
Marketplace atau toko online lain, biasanya menyediakan beberapa jasa pengiriman yang bisa kamu pilih. Contohnya seperti JNE, J&T, SiCepat, dan masih banyak lagi. Biaya ongkir dari semua jasa pengiriman tersebut biasanya berbeda-beda.
Jika kamu benar-benar ingin menghemat uangmu, sebaiknya pilihlah layanan termurah dari salah satu jasa pengiriman. Contohnya seperti OKE pada jasa pengiriman JNE atau Halu yang ada pada jasa pengiriman SiCepat. Karena, alih-alih menggunakan layanan standar, memilih layanan termurah bisa sangat menghemat uangmu. Karena, biasanya selisih harga yang ditawarkan terpaut cukup jauh.
Tapi sayangnya kamu harus menunggu lebih lama jika menggunakan layanan termurah. Karena itulah yang mereka tawarkan. Layanan tercepat dengan biaya terbesar, layanan standar dengan biaya standar, dan layanan terlama dengan biaya termurah. Pastikan juga memilih jasa kirim yang sudah biasa mengirimkan barang ke daerahmu.

Tunggu waktu yang tepat
Tips hemat belanja online yang terakhir adalah dengan menunggu waktu yang tepat untuk berbelanja. Biasanya, toko-toko online akan menawarkan harga uang spesial pada suatu waktu. Entah itu untuk memperingati hari besar, atau untuk memperingati hari jadi toko mereka.
Selain toko, pihak marketplace biasanya juga menawarkan diskon besar-besaran pada suatu waktu. Bahkan, ada yang memperingatinya setiap bulan tanpa henti, seperti 1.1, 2.2, 3.3, sampai 12.12. Untuk 12.12, mungkin adalah yang paling spesial. Karena pada waktu tersebut bertepatan dengan peringatan harbolnas atau hari belanja online nasional. Biasanya, pihak toko maupun marketplace akan menyediakan diskon besar-besaran dan bahkan mungkin ada yang melakukan cuci gudang. Jadi, sebaiknya kamu harus punya catatan tentang promo-promo yang biasa dilakukan oleh toko favoritmu dan setiap marketplace.

Nah itulah beberapa tips belanja online yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uangmu. Bagi kamu yang sudah terbiasa boros dalam berbelanja online, mungkin hal-hal ini merupakan hal yang sulit. Tapi tenang saja, kamu akan terbiasa seiring dengan berjalannya waktu. 

Saifudin Hidayat

Home

Ilustrasi Iklan 5 bengkelcargoliftonline.com


Tiada ulasan:





Adsense

Senarai Blog Saya

by saifudin hidayat ketegan Timur Sidoarjo