247 Job News Saifudin Hidayat: 5 Kekurangan Mata Uang Kripto (Cryptocurrency), Investor Wajib Baca!

Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top

Bengkel cargo lift online , 247 Job News ,Jpg, IMG, multimedia, Content Source wa.me/+6288210361307, https://m.youtube.com/channel/UCaTU8X9o5R44rTRom92svAQ Privasi Policy,Tentang Kami, Hubungi Kami, Mohon Dukungannya Blog ini Akan mengulas Menu Makanan, karena butuh Trafik dan kenyamanan pengunjung Terima kasih

Popular Posts

Jumaat, 15 Oktober 2021

5 Kekurangan Mata Uang Kripto (Cryptocurrency), Investor Wajib Baca!

5 Kekurangan Mata Uang Kripto (Cryptocurrency), Investor Wajib Baca!



Cryptocurrency saat ini menjadi kian digemari oleh banyak orang. Harganya yang sering melambung tinggi membuat banyak orang tertarik untuk menghasilkan banyak uang dari hasil investasi atau trading kripto. Dibalik keuntungan besar yang bisa didapatkan dari kripto, mata uang ini juga memiliki banyak kekurangan. Mau tau apa aja? Baca artikel ini sampai selesai.
Cryptocurrency pertama yang lahir di dunia ini adalah Bitcoin. Dilansir dari channel Youtube Ngomongin uang, pada awalnya harga Bitcoin bahkan tidak sampai Rp100. Tapi, sekarang kita tahun bahwa harga Bitcoin sudah ratusan juta rupiah per 1 BTC. Setelah Bitcoin, akhirnya banyak bermunculan kripto-kripto lain dengan berbagai nama yang berbeda. Dilansir dari beberapa sumber, jumlah mata uang kripto saat ini mencapai 4-5 ribu. Jumlah yang sangat banyak kan?
Meskipun memanfaatkan kripto bisa sangat menguntungkan, tapi banyak banyak kontra yang dilontarkan mengenai hal ini. Terlebih lagi, beberapa negara bahkan melarang cryptocurrency. Karena itulah, sepertinya uang masa depan ini masih belum bisa diterima sepenuhnya oleh dunia.
Nah sekarang kami akan membahas 5 kekurangan mata uang kripto. Apa saja? Silahkan disimak.


Hukum Kripto
Bagi kamu yang beragama Islam, tentu saja harus memperhatikan dengan baik tentang hukum crypto. Agar, apa yang kamu dapatkan berstatus halal dan memberikan keberkahan untuk hidupmu. MUI sendiri, selaku pemberi fatwa bagi umat Islam di Indonesia, telah mengeluarkan 11 catatan yang memberikan petunjuk tentang hukum kripto dengan 2 hukum yang berbeda.
Catatan di urutan terakhir yang diterbitkan oleh MUI adalah “Bitcoin hukumnya adalah mubah sebagai alat tukar bagi yang berkenan untuk menggunakannya dan mengakuinya. Namun Bitcoin sebagai investasi hukumnya adalah haram karena hanya alat sepekulasi bukan untuk investasi, hanya alat permainan untung rugi buka bisnis yang menghasilkan”.
Meskipun menggunakan kata “Bitcoin”, tapi sepertinya itu merujuk pada semua mata uang kripto. Dalam hal ini, kita pasti sudah dapat menyimpulkan bahwa kripto boleh dijadikan sebagai alat tukar bagi orang yang ingin menggunakannya. Tapi, jika dijadikan sebagai aset investasi, maka hukumnya haram. Alasannya karena kripto ini seringkali hanya menggunakan spekulasi dan tidak jelas naik turunnya. So, bagi kamu yang masih memegang teguh ajaran agama, sebaiknya harus memperhatikan hal ini.

Volatilitas tinggi
Kekurangan kripto yang kedua adalah volatilitas yang tinggi. Apa sih volatilitas?
Singkatnya, volatilitas adalah perhitungan harga pada suatu instrumen investasi seperti pada saham. Dalam hal ini, volatilitas yang berlaku adalah pada kripto.
Orang-orang pasti sudah tahu bahwa harga kripto, terutama bitcoin, seringkali naik dengan pesat, atau bahkan turun sangat tajam. Hal inilah yang disebut dengan volatilitas tinggi. Karena itu, kebanyakan orang mungkin jadi sulit untuk membaca situasi apakah harga kripto yang ingin ia beli akan naik, atau bahkan turun dan malah merugikan.
Resiko tinggi menjadi poin utama dalam hal kekuarangan momor 2 ini. Jika kamu adalah orang yang tidak ingin mengambil resiko, maka memanfaatkan kripto untuk menghasilkan uang bukanlah hal yang tepat. Karena, resiko dari kripto ini bisa dibilang lebih tinggi daripada saham. Jika investasi saham, tentunya kita bisa memprediksi pergerakan suatu saham dengan melihat kondisi perusahaannya, dan dengan beberapa analisis yang biasa dilakukan. Tapi jika kripto, tentunya hal tersebut lebih sulit untuk dilakukan, terutama bagi seorang pemula.

Ada beberapa yang mahal
Harga yang mahal merupakan kekurangan lain dari kripto. Meskipun masih banyak yang murah, tapi biasanya kripto yang banyak dimiliki oleh para investor dan para trader memiliki harga yang cukup mahal. Contohnya harga bitcoin saja saat ini mencapai Rp570 jutaan per 1 BTC nya. Contoh lainnya adalah Ethereum yang mencapai Rp33 jutaan per 1 ether nya. Karena itulah, dengan modal terbatas, kita tidak bisa berinvestasi dalam jumlah besar.
Meskipun ada yang mahal, tapi ada banyak juga kripto yang harganya jauh lebih murah,atau bahkan bisa dibilang terlalu murah. Tapi, harga yang murah ini tentu saja memiliki kekurangan yang cukup signifikan. Contohnya seperti harga yang cenderung statis, tidak diminati oleh banyak orang, atau hal lain yang membuatnya tidak menguntungkan. Tapi, tentunya ada juga mata uang kripto populer yang harganya murah, contohnya seperti Dogecoin yang saat ini harganya hanya berkisar Rp3000-an saja.
Sepertinya melakukan banyak riset sangat diperlukan jika ingin memanfaatkan kripto untuk menghasilkan uang. Mungkin hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan oleh pemula. Terlebih lagi, mata uang kripto yang jumlahnya sampai ribuan membuat proses riset menjadi lebih sulit.

Belum jelas masa depannya
Mungkin kekurangan ini merupakan hal yang cukup krusial bagi para investor/trader. Di masa depan, sebagian besar atau bahkan seluruh transaksi keuangan pasti dilakukan secara digital. Karena seperti yang kita tahu, uang berbentuk koin atau kertas memiliki kekurangan yang cukup besar seperti tidak aman saat dibawa, rawan uang palsu, atau bahkan rawan dicuri.
Mata uang kripto yang saat ini merupakan aset digital memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi masa depan keuangan manusia. Sayangnya, saat ini ada beberapa negara yang melarangnya. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah di masa depan kripto akan tetap eksis? Atau hanya tersisa nama?
Tidak ada yang tahu pasti mengenai hal tersebut. Kalau kamu adalah orang yang dan mengedepankan keamanan menyimpan kekayaan, maka mengubah rupiah menjadi kripto adalah pilihan yang sangat kurang tepat. Terlebih lagi, kita belum tahu apakah negara ini akan melegalkannya, atau bahkan melarang sampai ke akar-akarnya. Karena itulah, mempersiapkan diri untuk menghadapi hal terburuk adalah perbuatan paling baik yang bisa kita lakukan saat ini.

Digunakan di pasar gelap
Mata uang kripto yang bersifat privasi, cenderung digunakan oleh orang-orang untuk bertransaksi di pasar gelap (blackmarket). Mungkin hal ini merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi, tapi kamu harus tahu lebih dalam tentang blackmarket itu sendiri.
Blackmarket biasanya menjadi tempat bagi orang-orang yang melakukan transaksi barang-barang atau jasa yang bersifat ilegal. Entah hal tersebut hanya untuk mendapatkan keuntungan, atau mungkin ada orang yang melakukan transaksi untuk melakukan tindak kejahatan. Hal tersebut bisa membuat kita sadar bahwa menjadi kubu yang kontra terhadap kripto sama saja dengan menolak barang ilegal dan kejahatan.
Tapi, hal tersebut tidaklah bersifat mutlak, karena mungkin ada sebagian orang yang menggunakan kripto untuk tujuan bisnis yang legal.

Nah itulah beberapa kekurangan dari mata uang kripto. Memang apapun di dunia ini tidak akan lepas dari yang namanya kekurangan. Karena itulah, hendaknya kita memanfaatkan kripto untuk tujuan yang baik, tapi tidak boleh menghiraukan ajaran-ajaran agama yang kita anut. Karena, semua hal itu juga untuk kebaikan kita sendiri.

Saifudin Hidayat

Home

Ilustrasi Iklan 5 bengkelcargoliftonline.com


Tiada ulasan:





Adsense

Senarai Blog Saya

by saifudin hidayat ketegan Timur Sidoarjo