247 Job News Saifudin Hidayat: Tips Meraih Kebebasan Finansial untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top

Bengkel cargo lift online , 247 Job News ,Jpg, IMG, multimedia, Content Source wa.me/+6288210361307, https://m.youtube.com/channel/UCaTU8X9o5R44rTRom92svAQ Privasi Policy,Tentang Kami, Hubungi Kami, Mohon Dukungannya Blog ini Akan mengulas Menu Makanan, karena butuh Trafik dan kenyamanan pengunjung Terima kasih

Popular Posts

Ahad, 1 Ogos 2021

Tips Meraih Kebebasan Finansial untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Tips Meraih Kebebasan Finansial untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Kebebasan finansial bisa dibilang merupakan impian hampir semua orang. Karena jika keuanganmu sudah merdeka, kamu tidak perlu lagi susah payah bekerja hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bagi kamu yang tertarik dengan hal ini, maka kamu berada di tempat yang tepat. Sekarang, saya akan menyajikan tips meraih kebebasan finansial berdasarkan ilmu yang saya miliki.
Untuk mendapatkan sesuatu yang besar, kamu harus melakukan sesuatu yang besar pula. Kebebasan finansial merupakan sesuatu yang sangat besar. Jadi, kamu pun diharuskan untuk melakukan sesuatu yang setara dengan hal itu.
Memiliki banyak uang tidak menjaminmu mencapai kebebasan finansial. Karena, kebebasan finansial tidak diukur dengan uang yang ada di rekeingmu. Alasannya karena uang tersebut akan tergerus oleh inflasi dan akan musnah tidak lama lagi.
Jika bukan uang, lalu apa? Jawabannya adalah aset yang menghasilkan penghasilan pasif untukmu. Intinya, aset ini akan menghasilkan uang untukmu meskipun kamu tidak bekerja sedikitpun. Tapi bukan hanya ini. Kamu juga harus memperhatikan hal lain yang tidak kalah penting.
Berikut kami sajikan tips meraih kebebasan finansial.

Pahami standar kebebasan finansial
Sebelum melakukan banyak hal untuk mencapai kebebasan finansial, kamu harus tahu dulu tentang standar kebebasan finansial. Mungkin ada beberapa standar yang tersedia, tapi saya hanya akan menyajikan satu standar saja.
Standar kebebasan finansial yang saya tahu adalah dengan mengkalikan pengeluaran tahunan dengan 25. Contohnya jika pengeluaranmu dalam satu tahun adalah sebesar Rp100.000.000. Maka aset investasi yang harus kamu miliki adalah Rp2.500.000.000 (Rp2,5 miliar). Cukup banyak bukan? Karena itulah, kebebasan finansial bukanlah hal yang mudah. Untuk tempat menyimpan asetnya, akan saja jelaskan nanti pada poin yang lainnya.

Bangun bisnis dengan serius
Uang Rp2,5 miliar yang saya sebutkan di atas bukanlah nilai yang kecil. Karena itulah kamu harus mencari cara yang lebih efisien dalam menghasilkan uang. Jika kamu seorang karyawan, kamu bisa berhenti dan mulai membangun bisnis dengan serius.
Karena memiliki potensi keuntungan yang tak terbatas, bisnis merupakan cara terbaik untuk menghasilkan uang. Tapi, sayangnya membangun bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada modal uang dan usaha yang harus kamu siapkan untuk membangunnya. Selanjutnya adalah harus memiliki mental yang kuat untuk terus bertahan dalam segala kesulitan. Jika kamu siap, mulailah secepatnya.

Mulai berinvestasi dari sekarang
Pada poin nomor 1, saya mencontohkan standar kebebasan finansial yaitu kamu harus memiliki aset investasi Rp2,5 miliar. Investasi tersebut sebaiknya kamu simpan di reksadana pendapatan tetap. Kenapa nggak saham? Saham juga boleh, tapi kamu harus siap dengan segala resiko yang bisa saja menghabiskan uangmu.
Karenanya Rp2,5 miliar adalah jumlah yang sangat banyak, kamu tidak mungkin menabung dulu kemudian menginvestasikannya. Karena itu adalah hal yang buruk. Jadi, sebaiknya mulailah berinvestasi dari sekarang secara bertahap. Bibit dan Bareksa bisa menjadi pilihanmu dalam berinvestasi reksadana. Pilih saja salah satu dari kedua aplikasi tersebut yang nyaman saat kamu gunakan.

Atur keuangan dengan baik
Tips meraih kebebasan finansial yang ke-4 adalah mengatur keuangan dengan baik. Jalan meraih kebebasan finansial bukan hanya soal memiliki investasi yang nilainya miliaran. Karena hal tersebut akan sulit kamu dapatkan jika kamu tidak mengatur keuanganmu dengan baik. Karena itulah, sekarang waktunya untuk mengecek kembali kondisi kesehatan keuanganmu.
Bijaklah dalam membeli barang dan hindari barang-barang konsumtif yang tidak terlalu kamu perlukan. Pilihlah barang-barang berdasarkan fungsi, bukan gengsi. Karena jika kamu memilih gengsi, kamu tidak akan pernah mencapai kepuasan dan malah terjebak dalam kondisi yang bisa menghancurkan hidupmu. Jika kamu perlu informasi yang lebih baik mengenai hal ini, coba konsultasi dengan penasehat keuangan.

Hindari utang, terutama yang konsumtif
Bagi individu, utang merupakan sesuatu yang dipandang buruk. Karena, banyak orang jatuh miskin karena utang yang menumpuk. Karena itulah, sebaiknya hindarilah utang. Apalagi jika kamu menggunakan utang untuk hal yang konsumtif. Wah, itu adalah cara terbaik untuk menghancurkan hidupmu.
Jika kamu terpaksa harus berutang, jangan pergi ke bank atau membuka aplikasi pinjaman online. Karena utang berbunga adalah hal yang meresahkan. Carilah utang pada orang-orang di sekelilingmu. Entah itu keluarga atau tetangga, bahkan orang asing, asalkan kamu bisa mendapatkan utang yang tidak berbunga. Tapi perlu diingat, gunakan utang dengan baik dan jangan digunakan untuk hal yang sifatnya konsumtif.

Belajar mengelola waktu yang baik
Meraih kebebasan finansial bisa sekaligus meraih kebebasan waktu. Uang dari penghasilan pasif yang kamu miliki membuatmu tidak perlu bekerja. Artinya, kamu punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih berharga dalam hidupmu. Tapi sebelum mencapai itu, kamu harus bisa mengelola waktu dengan baik.
Siapapun orangnya, apapun pekerjaannya, semuanya hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Jeff Bezos tidak memiliki waktu lebih banyak daripada kita, begitu juga dengan Bill Gates. Hanya saja, mereka bisa mengelola waktu dengan baik, sehingga mereka bisa mencapai puncak kejayaan yang menjadi idaman banyak orang di dunia.

Lupakan dulu angan-angan hidup mewah
Dalam proses meraih kebebasan finansial, tentunya sebagian penghasilanmu harus diinvestasikan ke dalam aset yang bisa menghasilkan penghasilan pasif. Jadi, kamu harus melupakan tentang hidup yang dikelilingi hal-hal mewah. Mulai dari rumah, mobil, bahkan toilet pun dilapisi emas seperti toilet Squilliam. 
Tenang saja, kamu tetap bisa merasakannya setelah kamu sukses meraih kebebasan finansial. Jadi, sekarang fokuslah dulu untuk membangun asetmu. Jangan terlalu banyak melihat kehidupan mewah orang-orang, baik di TV, Youtube, maupun yang lainnya. Karena, tidak hanya menumbuhkan semangatmu, hal tersebut juga bisa membuatmu menjadi orang yang terlalu banyak berhayal. Sehingga kamu bisa saja malah melupakan tujuanmu dalam meraih kebebasan finansial.

Buat rencana yang detail
Tips meraih kebebasan finansial yang terakhir adalah membuat rencana yang detail. Sebelumnya, kamu harus tahu dulu pengeluaran tahunanmu dan hasilnya setelah dikalikan 25. Contohnya adalah Rp2,5 miliar.
Dalam berinvestasi, kamu tidak perlu menghitung uang yang kamu investasikan sampai mencapai angka tersebut. Karena, uang yang diinvestasikan biasanya akan terus bertumbuh, terutama pada reksadana pendapatan tetap. Tentukan jumlah investasi yang ingin kamu tanam perbulan (lebih besar lebih baik), perkiraan waktu yang diperlukan, dan juga imbal hasil yang akan kamu dapatkan setiap tahunnya. Jika kamu berinvestasi Rp10 juta per bulan, maka kamu hanya butuh waktu 11 tahun 9 bulan untuk mencapai Rp2,5 miliar.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam tips meraih kebebasan finansial. Oh ya, dalam rekasadana, kamu juga bisa memilih reksadana syariah. Reksadana tersebut sangat cocok bagi kamu yang beragama Islam.


Saifudin Hidayat

Home

Ilustrasi Iklan 5 bengkelcargoliftonline.com


Tiada ulasan:





Adsense

Senarai Blog Saya

by saifudin hidayat ketegan Timur Sidoarjo