247 Job News Saifudin Hidayat: Tips Cerdas Menabung untuk Membeli Rumah Secara Cash

Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top

Bengkel cargo lift online , 247 Job News ,Jpg, IMG, multimedia, Content Source wa.me/+6288210361307, https://m.youtube.com/channel/UCaTU8X9o5R44rTRom92svAQ Privasi Policy,Tentang Kami, Hubungi Kami, Mohon Dukungannya Blog ini Akan mengulas Menu Makanan, karena butuh Trafik dan kenyamanan pengunjung Terima kasih

Popular Posts

Ahad, 1 Ogos 2021

Tips Cerdas Menabung untuk Membeli Rumah Secara Cash

 Tips Cerdas Menabung untuk Membeli Rumah Secara Cash


Memiliki rumah sendiri adalah keinginan hampir semua orang. Sayangnya, harga rumah yang mahal menjadi kendala bagi seseorang untuk membelinya, apalagi membeli secara cash. Jika kamu membaca artikel ini, maka kamu beruntung. Karena, sekarang kami akan membahas tipe menabung untuk membeli rumah secara cash.
Biasanya menyewa kontrakan menjadi pilihan orang-orang yang baru menikah. Setelah itu, mereka kemudian mencicil rumah baru. Kenapa mencicil? Karena membeli rumah secara cash terlalu berat. Sebenarnya di sini masalah terbesarnya bukan harga rumah yang terlalu mahal jika ingin membeli secara cash. Menurut kami, perencanaan keuangan dan kemampuan pengelola keuangan lah yang kurang. Karena itulah, sebaiknya kita belajar lebih banyak tentang hal tersebut.
Setelah kamu tahu lebih banyak tentang perencanaan keuangan dan pengelola keuangan, sekarang waktunya kamu belajar tentang strategi membeli rumah secara cash. Tapi perlu diingat bahwa cara ini bukanlah cara yang sangat efektif. Karena, semuanya tergantung pada kamu yang menjalankannya. Selain itu, saya harap kamu bisa menemukan cara lain yang lebih cocok untuk kamu gunakan.
Baiklah, berikut beberapa tips untuk membeli rumah secara cash

Buat target yang detail
Rencana selalu menjadi awal dari segala sesuatu yang membuahkan kesuksesan. Tanpa rencana, kita bisa tersesat dan bahkan bisa saja tidak akan pernah sampai pada tujuan. Karena itulah, langkah pertama yang harus kamu buat adalah rencana.
Tentukanlah rumah seperti apa yang ingin kamu miliki, harganya, dan juga fasilitas yang ada di dalamnya. Sebaiknya, kamu jangan merencanakan untuk membeli rumah yang nilainya sangat jauh dari penghasilanmu. Karena mungkin saja kamu bisa mencapainya, tapi butuh berapa tahun? 15 tahun? 20 tahun? Itu waktu yang terlalu lama.
Saran saya, pilihlah rumah yang harganya 25 kali dari pengasilan mu dalam satu bulan. Sebagaimana contoh, penghasilanmu dalam sebulan adalah Rp6.000.000. Maka Rp6.000.000 x 25 adalah Rp150.000.000. Meskipun rumah dengan harga segitu biasanya tidak memiliki fasilitas yang lengkap, tapi setidaknya kamu membelinya secara cash.

Tentukan target waktu untuk membelinya
Setelah membuat target tentang rumah seperti apa yang ingin kamu miliki, harganya, dan juga fasilitasnya, selanjutnya adalah menentukan target waktu yang kamu butuhkan untuk membeli rumah tersebut. Sebaiknya membuat target yang satu ini harus benar-benar direncanakan dengan baik. Karena, kamu harus menabung beberapa persen dari uangmu dan tidak boleh digunakan selain untuk membeli rumah.
Sebagai contoh, penghasilanmu Rp6.000.000 per bulan, dan target rumah yang ingin kamu beli adalah yang harganya Rp150.000.000. Untuk mencapai target rumah tersebut, tentunya kamu harus menyisihkan puluhan persen dari total penghasilanmu. Saya sarankan 30%-50% yang harus kamu sisihkan. Semakin besar yang kamu sisihkan, maka semakin cepat pula kamu bisa membeli rumah.
Jika kamu menyisihkan 30% dari Rp6 juta, maka waktu yang kamu butuhkan adalah sekitar 7 tahun. Jika 40% dari Rp6 juta, maka waktu untuk mencapainya adalah 5 tahun lebih. Dan jika kamu menyisihkan 50% dari Rp6 juta tersebut, maka kamu hanya butuh waktu 4 tahun lebih untuk menabung.

Lunasi utang terlebih dahulu
Setelah membuat target-target untuk membeli rumah secara cash, selanjutnya adalah mencapai target-target tersebut. Tapi sebelum itu, sebaiknya kamu lunasi dulu hutang-hutangmu, itu pun jika kamu memiliki utang.
Utang memang banyak dipandang buruk bagi sebagian orang. Tapi, itu bukanlah hal yang mutlak. Sifat utang dalam hal tersebut tergantung pada kebutuhan orang yang berutang. Apakah utang tersebut digunakan untuk kebutuhan, hal konsumtif, maupun produktif. Sayangnya, memiliki utang bisa menghambat dalam rencanamu untuk membeli rumah secara cash. Karena itulah, melunasi hutang adalah langkah awal yang sangat penting.
Kenapa utang bisa menghambat? Karena yang akan kamu lakukan di sini adalah menyisihkan uang, atau istilah lainnya menabung. Jangan sampai uang yang kamu tabung harus diambil lagi karena kebutuhan pembayaran utang yang mendesak. Tapi, jika kamu pikir pembayaran utangmu masih bisa terkontrol dengan baik, maka sepertinya menjalankan rencana sambil membayar utang bisa terlaksana dengan baik.
Jika kamu tidak memiliki utang, sebaiknya jangan dulu berpikir untuk berutang. Karena hal tersebut bisa saja akan menjadi faktor kegagalanmu dalam membeli rumah secara cash.

Kontrol pengeluaran dengan baik
Hidup konsumtif merupakan hal yang bisa menjerumuskanmu ke jurang kesengsaraan. Hal tersebut juga berlaku dalam topik ini. Karena pengeluaran yang terkontrol bisa menggagalkan usaha yang sudah kamu bangun dengan susah payah.
Terkadang, kita tergoda untuk membeli barang-barang baru yang ada di Instagram, tertarik untuk membeli baju baru di Shopee, atau berkeinginan untuk mengganti gadget dengan yang baru di Tokopedia. Perasaan seperti ini sangat wajar dimiliki oleh setiap orang. Jadi, kamu tidak perlu berpikir untuk menghilangkannya. Tapi, carilah cara untuk mengontrolnya.
Belilah hanya barang yang kamu butuhkan saja. Jika ada yang murah, kenap harus beli yang mahal. Lihatlah produk berdasarkan fungsi, bukan dari gengsi. Karena, hidup dengan penuh gengsi hanya akan menjerumuskanmu pada kesengsaraan.
Ukurlah kebahagiaan berdasarkan versimu sendiri. Karena, mengukur kebahagiaan berdasarkan versi orang lain yang hidupnya lebih makmur dari kamu, maka kamu tidak akan pernah bahagia. Kamu malah akan menghabiskan uangmu untuk hal-hal yang tidak penting, membeli hal-hal yang kurang berguna untukmu, dan yang lainnya.

Menabung dengan menggunakan emas
Tips untuk membeli rumah secara cash yang terkahir adalah dengan memanfaatkan emas sebagai instrumen untuk menabung. Seperti yang kita tahu, emas memiliki nilai yang cenderung stabil terhadap uang kertas yang digunakan oleh dunia. Karena itulah, jika kamu memilih emas sebagai tabunganmu, maka inflasi mungkin tidak bisa menurunkan uangmu.
Meskipun tidak aman, dan ada rasa takut akan dicuri, tapi kami punya solusinya. Caranya adalah dengan menyimpan emas yang kamu tabung di safe deposit box yang bisa kamu sewa di bank. Harga sewa safe deposit box ini juga murah, hanya sekitar ratusan ribu saja setiap tahunnya. Dengan begitu, emasmu akan berada ei tempat dengan fitur keamanan yang tinggi, dan juga terus di awasi dengan CCTV.
Oh ya, emas yang saya maksud di sini bukanlah emas perhiasan seperti cincin, gelang, atau kalung. Tapi, emas batangan 24 karat yang biasanya dijual oleh Antam. Karena, jenis emas tersebut lebih layak digunakan sebagai instrumen menabung daripada emas perhiasan.

Nah itulah tips cerdas untuk membeli rumah secara cash. Mugkin tips-tips di atas memiliki banyak kekurangan yang cukup signifikan. Entah penjelasannya yang kurang jelas, tips yang kurang efektif, atau hal lainnya. Jadi, saya sarankan kamu untuk memodifikasinya dan menciptakan tips yang benar-benar efektif untuk kamu gunakan. Dengan begitu, kamu akan terasa lebih nyaman dalam perjalanan untuk membeli rumah secara cash.
Saifudin Hidayat

Home

Ilustrasi Iklan 5 bengkelcargoliftonline.com


Tiada ulasan:





Adsense

Senarai Blog Saya

by saifudin hidayat ketegan Timur Sidoarjo