247 Job News Saifudin Hidayat: Ini dia, Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Freelancer

Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top

Bengkel cargo lift online , 247 Job News ,Jpg, IMG, multimedia, Content Source wa.me/+6288210361307, https://m.youtube.com/channel/UCaTU8X9o5R44rTRom92svAQ Privasi Policy,Tentang Kami, Hubungi Kami, Mohon Dukungannya Blog ini Akan mengulas Menu Makanan, karena butuh Trafik dan kenyamanan pengunjung Terima kasih

Popular Posts

Ahad, 1 Ogos 2021

Ini dia, Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Freelancer

Ini dia, Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Freelancer

Berbeda dengan bekerja serabutan, seorang freelancer memiliki keahlian yang sangat mumpuni dalam satu atau beberapa bidang. Karena itulah, profesi yang satu ini bisa sangat menjanjikan jika dikerjakan dengan serius. Karena bekerja sesuai job dan mendapatkan penghasilan yang tidak tentu, seorang freelancer bisa memiliki masalah dalam mengatur keuangan. Karena itulah, sekarang kami akan membahas tips mengatur keuangan untuk freelancer.
Beberapa orang mungkin masih menganggap pekerjaan ini adalah hal remeh. Alasannya mungkin karena seorang freelancer biasanya bekerja di rumah. Selain itu, sebagian masyarakat yang masih berpikiran konservatif menganggap bahwa orang yang diam di rumah tapi memiliki banyak uang melakukan praktek ilmu hitam. Padahal, bisa saja ia adalah seorang freelancer.
Dari banyaknya hal negatif yang ditujukan untuk para freelancer, industri ini akan terus tumbuh menjadi semakin besar. Hal tersebut juga didukung oleh banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang lebih tertarik untuk memperkerjakan freelancer daripada merekrut karyawan baru.
Nah, bagi kamu yang ingin, baru mulai, maupun sudah lama menjadi seorang freelancer, kami sajikan beberapa tips mengatur keuangan untuk freelancer.

Tetapkan target penghasilan bulanan
Menjadi seorang freelancer artinya penghasilanmu tergantung dari seberapa besar usahamu, skillmu, dan caramu mengefisiensikan waktu. Karena itulah, menetapkan target penghasilan bulanan adalah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Jangan sampai, kamu hanya bekerja seperti orang yang bekerja serabutan.
Menetapkan target bulanan ini juga akan sangat berguna untuk mengatur keuangan yang lainnya. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan pembagian keuangan dan rencana keuanganmu dalam beberapa waktu ke depan. Jika punya target, maka kamu harus mengerahkan segenap usahamu untuk mencapai target tersebut. Dengan begitu, dirimu pun akan merasa termotivasi dan akhirnya kamu bisa berkembang lebih baik lagi. Terakhir, buatlah target keuangan yang semakin meningkat setiap bulannya.

Miliki dana darurat
Dengan menjadi seorang freelancer, maka kamu tidak akan mendapatkan gaji tetap seperti seorang pegawai. Karena itulah, memiliki dana darurat merupakan hal yang sangat penting bagi dirimu. Meskipun sudah melakukan promosi gila-gilaan, tapi kamu tidak tahu apakah akan banyak yang tertarik dengan jasamu atau tidak. Karena itulah, untuk menanggulangi masalah terburuk yang dapat ditimbulkan, kamu membutuhkan dana darurat yang jumlahnya cukup banyak.
Sebaiknya pikirkan dulu sebelum kamu menekuni profesi ini. Karena kamu harus bersungguh-sungguh untuk bertahan dari kerasnya dunia freelancer, termasuk persaingan yang dirimbulkan dari jasa yang sama seperti harga, kualitas, atau bahkan otoritas. Bangunlah juga personal branding yang kuat dengan memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan database dengan jumlah yang sangat banyak.

Buat rencana pengeluaran bulanan
Selanjutnya adalah membuat rencana pengeluaran bulanan yang akan kamu lakukan. Seperti yang sudah kamu tahu, seorang freelancer mendapatkan penghasilan yang tidak tetap. Karena itulah, membuat rencana pengeluaran dalam sebulan merupakan hal penting harus dilakukan. Tujuannya agar kamu bisa memperkirakan pengeluaranmu dan menyesuaikannya dengan target penghasilan.
Membuat rencana pengeluaran bulanan juga berguna untuk menghindari pengeluaran yang tiba-tiba membesar. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperkirakan pengeluaran yang tidak pasti akan kamu lakukan. Hal ini juga bisa mempermudahmu dalam proses penyesuaian dengan target penghasilan. Sedikit saran, hindarilah pengeluaran akan sesuatu yang tidak terlalu kamu butuh kan. Untuk lebih jelasnya nanti saya akan sajikan secara lebih lengkap di bawah.

Buat beberapa rekening bank
Tips mengatur keuangan untuk freelancer yang ke-4 adalah membuat beberapa rekening bank. Memiliki 1 rekening bank tidaklah cukup untuk seorang freelancer. Selain untuk menyediakan banyak metode pembayaran pada klien, alasan lainnya adalah untuk mempermudah dalam mengelola keuangan. 3-4 rekening kami rasa sudah cukup. Tapi, kamu boleh menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.
Jangan lupa juga untuk memilih rekening bank yang tepat sesuai kebutuhan. Karena, ada rekening bank yang cocok dipakai untuk berbisnis, ada yang cocok dipakai untuk menabung, dan ada juga yang cocok untuk hal lainnya. Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih rekening bank yang ATM nya terdapat tidak terlalu jauh dari rumahmu. Selain itu, kamu bisa mengaktifkan mobile banking jika ingin lebih mudah dalam melakukan transaksi perbankan di manapun dan kapan pun.

Mulai berinvestasi
Saat ini, berinvestasi merupakan yang wajib kamu lakukan. Karena, kamu sebagai manusia modern pastinya tidak ingin bekerja sangat keras hanya untuk bertahan hidup. Jika kamu adalah orang yang seperti itu, mulailah berinvestasi dari sekarang juga. Saham dan reksadana merupakan 2 instrumen investasi yang sangat saya rekomendasikan. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Jika kamu ingin terjun secara langsung dan lebih dalam ke dunia investasi, maka investasi saham sangat cocok untuk kamu lakukan. Gunakanlah aplikasi Ajaib untuk mempermudahmu berinvestasi menggunakan smartphone. Sedangkan, jika kamu adalah orang tidak mau ribet dan mau repot melakukan bermacam-macam analisis, maka investasi reksadana bisa menjadi pilihanmu. Karena, danamu akan dikelola oleh manager investasi yang profesional.

Bijak dalam membeli barang
Semua ketidakpuasan yang akan kamu dapatkan saat menjadi freelancer, membuatmu harus bijak dalam mengatur keuanganmu, terutama dalam membeli barang. Barang konsumtif biasanya terlihat menarik untuk dibeli, padahal tidak terlalu kamu butuhkan. Godaan tersebut harus kamu kendalikan dengan sangat baik.
Hal ini memang cukup sulit untuk dilakukan, terutama bagi kamu yang sudah terbiasa hidup konsumtif karena menyusahkan orang tua. Mulai sekarang, hal tersebut benar-benar harus kamu hentikan, dengan cara yang paling efektif, yaitu dengan menggunakan pikiranmu. Sebelum membeli barang konsumtif, pikirkan dulu selama beberapa hari. Atau kamu bisa menggunakan prinsip 10%, yaitu barang konsumtif yang ingin kamu beli harganya harus 10% dari total dana yang kamu alokasikan.

Lakukan pencatatan keuangan secara detail
Tips mengatur keuangan untuk freelancer yang terakhir adalah melakukan pencatatan keuangan secara detail. Sebelum itu, sebaiknya kamu pisahkan dulu antara rekening pribadi dan juga rekening bisnis. Tujuannya agar terhindar dari kebingungan dalam mengelola keuanganmu.
Alih-alih mencatatnya secara manual, menggunakan aplikasi merupakan cara terbaik untuk mencatat keuangan. Bahkan beberapa aplikasi sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup komplit dan juga form yang cukup detail untuk kamu isi. Saya sendiri mempercayakan pencatatan keuangan kepada BukuKas. Selain mudah, tampilan BukuKas yang enak dilihat juga menarik perhatian saya untuk terus menggunakannya. Sebaiknya gunakan saja aplikasi yang cocok dan benar-benar pas untuk dirimu. Sebaiknya carilah artikel lain yang khusus membahas mengenai hal ini.

Nah itulah tips mengatur keuangan untuk freelancer. Tips yang saya sajikan memang terlihat mudah untuk dilakukan, tapi tidak dengan pelaksanaannya. Dibutuhkan kesungguhan untuk menjadi seorang freelancer yang sukses, dan salah satunya adalah dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Karena, keuangan merupakan fondasi utama dalam usahamu.


Saifudin Hidayat

Home

Ilustrasi Iklan 5 bengkelcargoliftonline.com


Tiada ulasan:





Adsense

Senarai Blog Saya

by saifudin hidayat ketegan Timur Sidoarjo