247 Job News Saifudin Hidayat: 7 Tips Menabung untuk Milenial, Lakukan Meskipun Gajimu Pas-pasan

Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top

Bengkel cargo lift online , 247 Job News ,Jpg, IMG, multimedia, Content Source wa.me/+6288210361307, https://m.youtube.com/channel/UCaTU8X9o5R44rTRom92svAQ Privasi Policy,Tentang Kami, Hubungi Kami, Mohon Dukungannya Blog ini Akan mengulas Menu Makanan, karena butuh Trafik dan kenyamanan pengunjung Terima kasih

Popular Posts

Ahad, 1 Ogos 2021

7 Tips Menabung untuk Milenial, Lakukan Meskipun Gajimu Pas-pasan

7 Tips Menabung untuk Milenial, Lakukan Meskipun Gajimu Pas-pasan

Menabung merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang. Entah kamu pengusaha, pekerja, bahkan karyawan, semuanya selalu menyisihkan uang untuk ditabung. Tapi sayangnya, menabung tidak semudah kedengarannya. Karena itulah, sekarang kami akan membagikan beberapa tips menabung untuk milenial.
Sebelumnya kamu harus tahu dulu bahwa menabung bukanlah cara untuk menjadi kaya. Karena, uang yang kamu tabungkan akan tergerus oleh inflasi setiap tahunnya. Jadi, kamu harus buang dulu jauh-jauh pikiran seperti itu. Jika kamu ingin menjadi kaya secara pelan tapi pasti, maka cobalah berinvestasi.
Tujuan dari menabung ini hanyalah sebagai dana darurat atau mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu. Dana darurat sangat diperlukan untuk melindungi keuanganmu di masa-masa sulit. Dengan begitu, kamu bisa lebih terhindar dari masalah keuangan yang lebih besar lagi. Selain itu, menabung juga bisa kamu jadikan sarana saat ingin membeli sesuatu yang harganya lumayan besar. Alih-alih membelinya menggunakan uang utama, kamu bisa menabung sedikit demi sedikit untuk membelinya.
Nah buat kamu yang masih mengalami kesulitan dalam menabung, berikut kami berikan tips menabung untuk milenial yang bisa coba kamu lakukan.

Tentukan tujuan menabung
Pertama-tama, kamu harus menentukam dulu tujuan kamu menabung. Dengan begitu, apa yang kamu lakukan akan lebih terarah dan bisa dilakukan secara maksimal dan bisa menentukan jangka waktu tabungan.
Seperti yang saya katakan di atas, tujuan dari menabung adalah hanya sebagai dana darurat atau proses mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu. Sesuatu tersebut entah berupa barang atau berupa paket liburan ke tempat yang kamu inginkan. Silahkan tentukan dulu tujuannya. Kemudian, kamu buat perkiraan tabungan tersebut tercapai.
Jika sebagai dana darurat, kamu harus melakukannya secara rutin setiap bulan. Tapi jika tujuan menabung tersebut untuk membeli sesuatu, atau uangnya ingin dipakai untuk sesuatu, kamu pasti bisa menentukan jangka waktu menabung. Mungkin bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Buat rekening khusus tabungan
Rekening pribadi tidak boleh disatukan dengan rekening tabungan. Tercampurnya uang adalah masalah utama. Karena, hal tersebut akan membingungkanmu saat dalam proses menabung.
Tapi, menggunakan 1 rekening juga bisa kamu lakukan, dengan syarat kamu memiliki rekening BTPN Jenius. Di Jenius, terdapat fitur yang memungkinkanmu membagi-bagikan uang ke dalam beberapa hal sesuai kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan uang dengan sangat mudah.
Jika kamu memilih untuk membuka rekening baru, pertimbangkan untuk membuka rekening pada bank syariah. Di bank syariah seperti BSI, biasanya ada rekening yang dibuka dengan akad Wadi’ah. Artinya kamu hanya menitipkan uang kepada bank, dan bank tidak boleh menggunakannya untuk bisnis lain. Dengan begitu, kamu bisa saja terhindar dari biaya administrasi bulanan.

Sisihkan sebagian kecil dari penghasilanmu
Jangan menabung dalam jumlah yang terlalu besar, karena hal itu bisa memberatkanmu. Tabungkanlah hanya sebagian kecil dari penghasilanmu. Tips menabung untuk milenial ini harus bener-bener kamu terapkan. Tujuannya agar tabunganmu tidak memberatkan hidupmu.
Tabunglah sekitar 10% dari total penghasilanmu. Jumlah tersebut saya rasa cocok untuk kamu tabungkan. Tapi, hal ini hanya berlaku untuk tabungan dana darurat.
Jika kamu menabung untuk tujuan lain, contohnya seperti membeli sesuatu atau ingin menggunakan uang tabungan tersebut untuk melakukan sesuatu, maka dana yang kamu alokasikan bisa disesuaikan dengan target terkumpulnya tabungan tersebut. Jika kamu membutuhkan uang Rp12 juta dalam waktu tahun, maka kamu bisa menabung Rp500 ribu setiap bulannya. Setidaknya, Begitulah kira-kira yang harus kamu lakukan.

Gunakan celengan untuk menabung uang receh
Setelah membeli sesuatu dari sebuah gerai, biasanya kamu akan memberikan uang kembalian yang berupa recehan. Uang jenis ini sangat merepotkan dan mungkin kamu sendiri ingin mendonasikannya saja. Hal tersebut bisa saja kamu lakukan. Tapi, kami punya solusi lain, yaitu dengan menabungnya pada celengan.
Belilah celengan khusus yang akan kamu gunakan untuk menabung. Sebaiknya, hindarilah celengan yang terbuat dari plastik. Karena, celengan dengan bahan tersebut bisa dengan mudah untuk dibuka.
Menabung uang receh pada celengan, tidak boleh kamu lakukan dalam waktu yang singkat. Karena itulah, kamu harus menetapkan dulu jangka waktu menabung tersebut. Setidaknya 2-3 tahun adalah tenggat waktu yang cocok. Kamu bisa membuka celengan tersebut saat tenggat waktu menabung tersebut tercapai.

Lakukan secara rutin
Salah satu hal yang paling sulit dalam menabung adalah konsisten. Biasanya, kamu akan semangat melajukannya hanya dalam beberapa bulan saja. Kemudian, kamu akan malas dan malah membiarkan uangmu menumpuk di rekening yang sama.
Kehilangan konsistensi merupakan masalah terbesar dalam mengejar sesuatu. Banyak orang yang mengalami kegagalan karena tidak konsisten. Karena itulah, kamu tidak boleh melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang-orang gagal tersebut.
Setidaknya, buatlah pengingat pada smartphone mu setiap bulannya. Jika memungkinkan, kamu bisa menaruh catatan kecil yang mudah terbaca pada tempat yang biasa kamu lihat. Tembok atau meja bisa menjadi tempat untuk menempel catatan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa terus teringat dan sikap konsistenmu bisa terus terjaga sampai tujuanmu berhasil tercapai.

Menabung sekaligus investasi
Jika kamu ingin menjaga uangmu tetap tumbuh dan tidak tergerus oleh inflasi, maka menabung sekaligus berinvestasi bisa kamu lakukan. Instrumen investasi yang saya rekomendasikan adalah reksadana.
Saat menyimpan uang pada reksadana, maka uangmu akan dikelola oleh manager investasi untuk kemudian diinvestasikan pada instrumen yang menguntungkan. Jika untuk menabung, pilihlah reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Karena, resiko tinggi pada reksadana saham tidak cocok untuk menabung sekaligus berinvestasi.
Bibit dan Bareksa merupakan tempat yang cocok untuk berinvestasi reksadana. Silahkan kamu pilih saja salah satunya. Selain itu, kamu juga bisa memilih tipe reksadana syariah jika uangmu ingin dikelola dengan mematuhi syariat-syariat agama Islam. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih tenang dengan apa yang kamu lakukan tersebut.

Hindarilah utang
Utang merupakan pisau bermata dua yang sangatlah tajam. Meskipun begitu, saya merekomendasikanmu untuk menghindari utang sebisa mungkin, apalagi utang bank yang berbunga.
Kekhawatiran saya dalam hal ini adalah kamu akan mengorbankan tabunganmu untuk membayar utang. Hal tersebut merupakan hal yang buruk. Tabungan yang sudah kamu bangun dengan susah payah, malah habis untuk membayar utang. Meskipun membayarnya menggunakan tabungan dana darurat, tapi tetap saja sangat disayangkan. Jadi, pikirkanlah dengan baik sebelum menhambil utang. Jika memang harus, pinjamlah pada keluarga, tetangga, atau teman-temanmu.

Nah itulah beberapa tips menabung untuk milenial yang bisa kamu mulai dari sekarang. Meskipun menabung merupakan hal yang biasa, tapi sepertinya tidak semua orang mudah untuk melakukannya. Beberapa orang kehilangan konsistensi ditengah perjalanan. Tapi,ada juga orang-orang yang bahkan tidak menabung sama sekali. 

Saifudin Hidayat

Home

Ilustrasi Iklan 5 bengkelcargoliftonline.com


Tiada ulasan:





Adsense

Senarai Blog Saya

by saifudin hidayat ketegan Timur Sidoarjo