247 Job News Saifudin Hidayat: 6 Tips Melunasi Utang, Lakukanlah Agar Hidupmu Lebih Nyaman

Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top

Bengkel cargo lift online , 247 Job News ,Jpg, IMG, multimedia, Content Source wa.me/+6288210361307, https://m.youtube.com/channel/UCaTU8X9o5R44rTRom92svAQ Privasi Policy,Tentang Kami, Hubungi Kami, Mohon Dukungannya Blog ini Akan mengulas Menu Makanan, karena butuh Trafik dan kenyamanan pengunjung Terima kasih

Popular Posts

Ahad, 1 Ogos 2021

6 Tips Melunasi Utang, Lakukanlah Agar Hidupmu Lebih Nyaman

6 Tips Melunasi Utang, Lakukanlah Agar Hidupmu Lebih Nyaman

Utang merupakan sesuatu yang sangat sangat meresahkan. Bagi beberapa orang, utang mungkin menjadi sesuatu yang menghancurkan hidup mereka. Tips melunasi utang ini mungkin terlihat mudah. Tapi akan terasa sulit saat dijalankan.
Bagi sebagian orang, utang selalu dipandang sebagai sesuatu yang negatif. Padahal, utang ini bisa jadi merupakan sesuatu yang baik dan bisa mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Karena itulah, baik buruknya utang tergantung dari cara kita memandangnya.
Tapi, sebagian besar dari hal yang menyelimuti utang ini adalah sesuatu yang buruk. Bahkan beberapa krisis ekonomi disebabkan oleh utang, alias kredit macet. Karena itulah, semua orang sebaiknya teredukasi mengenai utang ini. Bukan hanya meminjam saja, tapi juga harus memikirkan cara melunasinya bahkan dari jauh hari sebelum mengambil utang.
Bagi kamu yang sedang terjebak dalam utang, apalagi yang utangnya menumpuk, kamu tetaplah sabar. Karena, semua hal pasti ada solusinya. Nah, kebetulan saya di sini akan membagikan tips melunasi utang yang harus banget kamu baca. Karena, mungkin saja tips yang kami berikan bisa bermanfaat untukmu dalam melunasi utang.

Susun daftar utang
Beberapa orang yang sudah terjerat dalam jebakan utang, tidak hanya mengambilnya satu kali. Ia akan berutang terus menerus untuk melunasi utang yang lainnya. Istilah keren untuk hal yang seperti ini adalah gali lobang tutup lobang. Dan ini merupakan lingkaran utang yang bisa membawa seseorang ke jurang keputusasaan.
Jika kamu mengalami hal seperti ini, sebaiknya mulai atur strategi untuk melunasi utangmu. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyusun daftar utang. Klasifikasikan utangmu ke dalam beberapa bagian, mulai dari jumlah utang, suku bunganya, dan juga jatuh temponya. Ketiga hal tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk keberhasilan strategimu.
Pastikan semuanya tercatat dengan benar. Periksa lagi informasi tersebut dengan melihat pada sumber informasi yang sebenarnya. Kesalahan pada pencatatan bisa mempengaruhi kinerja strategimu dan bahkan bisa menggagalkannya.

Analisis utang dan tetapkan prioritas pelunasan
Setelah mengklasifikasikannya ke dalam beberapa bagian, sekarang waktunya untuk mulai melunasi utangmu. Sebelum itu, pastikan kamu menetapkan dulu mana utang yang harus lebih dulu dilunasi, dan mana yang layak dilunasinya belakangan. Hal ini tentu saja bisa mempermudahmu dalam proses pelunasan utang.
Prioritaskan untuk melunasi utang dengan jumlah terkecil dulu. Karena, hal tersebut bisa meringankanmu untuk melunasi utang-utang yang lainnya. Kemudian, lunasi utang dengan bunga tertinggi. Selain itu, pastikan juga melunasi utangnya dulu, bunganya nanti saja. Oh ya, jangan lupakan juga jatuh tempo dari setiap utang yang kamu harus lunasi.
Dalam hal ini, kamu juga bisa melunasi utang dengan bunga tertinggi dulu. Tujuannya agar bunga tersebut tidak terus membengkak dan malah membuatmu semakin sulit. Karena, besar kecilnya utang bukanlah masalah jika bunganya kecil, bahkan tidak berbunga. 

Tekan pengeluaran
Dalam proses melunasi utang, kamu harus memikirkan bagaimana agar semua utangmu lunas secepatnya. Salah satu cara uang bisa kamu lakukan adalah dengan membayarnya dalam jumlah yang besar. Tapi, hal tersebut mengharuskanmu untuk menekan pengeluaran sampai pada titik terkecil.
Menurut saya, lebih baik menekan pengeluaran daripada hidup dengan utang lebih lama lagi. Karena, kalau begitu terus, standar kebahagiaanmu akan semakin tinggi dan malah menyulitkanmu untuk hidup lebih bahagia.
Dibayang-bayangi utang, liabilitas lain yang jumlahnya juga besar, apalagi jika kamu sampai menyusahkan orang lain. Wah, kamu harus benar-benar bangkit secepatnya sebelum semuanya terlambat. Karena itulah, menekan pengeluaran adalah salah satu cara terbaik. Biarkan saja hidupmu sengsara sebentar untuk melunasi utang. Karena setelahnya, kamu harus benar-benar hidup tanpa utang, dan terus menggaungkan hidup anti utang. Tapi tentunya kamu harus membuat solusi lain untuk menggantikan posisi utang.

Cari penghasilan tambahan
Setelah proses pelunasan utangmu semakin cepat karena menekan pengeluaran, selanjutnya adalah membuatnya lebih cepat lagi. Bagi kamu yang pekerja, sebaiknya kau cari penghasilan tambahan yang menguntungkan. Karena, jika hanya mengandalkan gaji saja, proses pelunasanmu tidak bisa dipercepat lagi.
Dalam hal ini, memulai usaha sampingan merupakan cara terbaik. Menjadi dropshipper bisa menjadi pilihanmu dalam berbisnis tanpa modal besar. Meskipun biasanya hanya menghasilkan keuntungan kecil, tapi kamu akan tetap terbantu dengan tergantinya beberapa pengeluaran yang kemudian bisa menambah jumlah uang pelunasanmu. Sehingga, kamu pun bisa secepatnya terbebas dari jeratan utang yang terus menghantui hidupmu.
Jika ingin yang lebih menguntungkan, pilihlah bisnis lain seperti reseller, afiliasi, bahkan membuat brand sendiripun bisa kamu lakukan. Tapi, sepertinya membuat brand bukanlah cara yang efektif. Karena, mungkin saja hal tersebut memakan waktu yang lebih lama.

Jual barang yang tidak terpakai
Inilah tips melunasi utang yang kelima, yaitu menjual barang yang tidak terpakai. Cara ini bisa juga bisa menjadi hal yang bisa mempercepat proses pelunasan utangmu dengan cukup signifikan.
Sebagian besar orang pasti punya barang yang tidak terpakai. Tidak menutup kemungkinan bahwa barang tidak terpakai itu sebenarnya masih bernilai dan laku jika dijual. Saya tidak memikirkan baju atau celana. Tapi, yang saya pikirkan adalah barang-barang elektronik yang ada di rumahmu.
Beberapa orang biasanya melakukan upgrade elektronik, bahkan ada yang setiap tahun. Daripada barang yang tidak terpakai tersebut disimpan saja atau malah dimasukkan ke dalam kotak berlabel tong sampah, lebih baik kamu menjualnya lagi untuk mendapatkan uang. Meskipun mungkin jumlahnya tidak banyak, tapi hal tersebut bisa sangat membantumu dalam melunasi utang-utangmu. 

Jangan berutang lagi
Setelah melakukan beberapa hal dan akhirnya semua utangmu pun lunas, sekarang waktunya untuk bersyukur. Rasa syukur yang kamu lakukan tidak boleh hanya dengan mengucapkan puji kepada tuhan, tapi kamu juga berkomitmen untuk tidak melakukan lagi hal yang sama.
Sekarang, kamu sudah tahu dampak buruk dari utang. Dan kamu juga sadar bahwa utang adalah salah satu cara terbaik untuk menghancurkan hidupmu. Karena itulah, buatlah komitmen untuk tidak berutang lagi. Jika keuanganmu dalam keadaan krisis dan mengharuskanmu untuk berutang, silahkan saja berutang. Tapi, jangan berutang kepada bank, karena bunganya riba dan juga bisa membuatmu mengulangi hal yang sama. Berutang kepada keluarga, tetangga, atau teman, merupakan cara berutang yang paling baik. Selain tidak berbunga, kamu juga terbebas dari biaya administrasi.

Nah itulah tips melunasi utang yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang juga. Beberapa tips melunasi utang tersebut mungkin bisa sangat membantumu jika dilakukan dengan sangat baik. Tapi, kami tidak menjamin kamu akan 100% berhasil. Gunakanlah jasa penasihat keuangan jika kamu ingin mendapatkan tips yang lebih baik lagi. Karena, mereka pastinya sudah profesional dan memang berniat untuk membantumu jika kamu membayar mereka. 


Saifudin Hidayat

Home

Ilustrasi Iklan 5 bengkelcargoliftonline.com


Tiada ulasan:





Adsense

Senarai Blog Saya

by saifudin hidayat ketegan Timur Sidoarjo