Teams warta bengkel cargo lift online

Search This Blog

Iklan Berbayar

Setelah 10 Tahun, Kini Wikipedia Mendapatkan Desain Terbaru

Setelah 10 Tahun, Kini Wikipedia Mendapatkan Desain Terbaru

Internet merupakan salah satu tempat yang cukup besar, yang disana hampir ada seluruh kegiatan yang manusia lakukan terutama dalam hal mencari informasi. Tentunya dalam mencari informasi tersebut, membutuhkan sumber yang benar-benar terpercaya dan juga kalua bisa memang terdapat ahli atau pakar yang ikut berkontribusi. Salah satu website yang terdapat bergudang informasi dan ilmu pengetahuan, yakni Wikipedia yang kalian sendiri mungkin tidak asing lagi dengan nama tersebut.

Tetapi mungkin kalian yang cukup sering membuka Wikipedia, pastinya merasakan bahwa tampilan atau interface nya cukup tua dan bahkan kurang rapi. Maka dari itu, hal tersebut cukup kurang segar dilihat sehingga membuat Wikipedia mengeluarkan kabar yang cukup menyenangkan. Karena setelah 10 tahun, kini Wikipedia mendapatkan desain terbaru.

Penjelasan Saat Wikipedia Mendapatkan Desain Terbaru Dan Perubahannya
TOC / Daftar Isi 
Konfigurasi Logo di Bagian Header Halaman ↓
Sidebar yang Bisa Diciutkan ↓
Perubahan Tata Letak Fitur Pencarian ↓
Hasil Pencarian yang Lebih Ditingkatkan ↓
Tabel Konten pada Artikel ↓
Bagian Header yang Sticky ↓
Ubah Bahasa Tinggal Klik Saja ↓
Perubahan Anotasi Pada Tampilan Wikipedia ↓
Dapat Muncul di Halaman Facebook ↓
Sebuah User Interface atau tampilan, pastinya sangat mempengaruhi kinerja sebuah website terlebih lagi dalam menarik perhatian para pengunjungnya. Sehingga Wikipedia harus benar-benar menata tampilan websitenya, sehingga tampak mudah dibaca, penjelasannya pas, menarik, dan juga loadingnya harus cepat juga. Apalagi Wikipedia berisi jutaan informasi yang ada di dalamnya, tentu membuatnya harus bisa diakses dengan cepat juga.
 
1. Konfigurasi Logo di Bagian Header Halaman
Perubahan pertama yang dikembangkan oleh Wikipedia adalah konfigurasi logonya pada bagian header, yang dimana cukup di perkecil dan lebih di fleksibelkan untuk memberikan space lebih. Walaupun tampak tidak merubah apapun, namun nyatanya hal tersebut membuat para mata para pembaca lebih segar karena cukup diberikan kelebihan space kosong. Konfigurasi tersebut pun, cukup berdampak kepada fitur tambahan yang nantinya diberikan supaya dapat berjalan dengan cukup baik dan juga lebih rapi lagi.

2. Sidebar yang Bisa Diciutkan
Kali ini fitur terbaru yang cukup baik dan merubah banyak hal dari Wikipedia adalah Sidebarnya yang dapat diciutkan, sehingga seperti hal sebelumnya membuat website tersebut memiliki banyak sekali space kosong. Karena mungkin biasanya kalian sebagai pengguna cukup terganggu dengan adanya sidebarnya yang berisi banyak sekali pilihan, dan membuat tampilannya tidak rapi. Button sidebarnya pun terletak di sebelah logo yang telah di konfigurasi tersebut, dan juga hal tersebutlah yang membuat website tersebut lebih rapi lagi.

Tak hanya itu saja, sidebarnya pun nantinya akan cukup rapi lagi karena memang hampir seluruh website yang ada pastinya memiliki sidebar yang dapat diciutkan. Supaya juga para pembaca akan mendapat pandangan yang lebih luas lagi dari artikel tersebut.

3. Perubahan Tata Letak Fitur Pencarian
Pada perubahan selanjutnya ini cukup sama halnya dengan perubahan sebelumnya yang dimana memiliki hubungan dengan konfigurasi pada logo Wikipedia tersebut, yakni perubahan tata letak fitur pencarian. Nantinya letak dari fitur pencarian Wikipedia tersebut akan berada di bagian atas atau header halaman, bersebelahan juga pada logo. Sehingga tentu fitur-fitur yang memang akan cukup banyak digunakan para pengguna tersebut, berada di bagian header dan lebih mudah dijangkau oleh para pembaca juga.

Pencariannya pun nantinya memiliki daya pandang yang cukup baik, sehingga para pengguna tidak perlu lagi mencari ulang artikel Wikipedia pada tab baru. Karena memang biasanya fitur pencarian Wikipedia tersebut banyak dilupakan dan bahkan tidak ternotice oleh para pembacanya.

4. Hasil Pencarian yang Lebih Ditingkatkan
Mungkin fitur terbaru ini akan banyak sekali digunakan dan sangat berguna bagi para pembaca, karena memang fitur ini memiliki ketepatan pencarian yang lebih unggul daripada sebelumnya. Sebelumnya mungkin saat kita mencari informasi terhadap sebuah hal contohnya artis, kita tidak tahu siapa yang akan muncul jika banyak sekali artis yang bernama sama atau bahkan tidak memiliki info di Wikipedia. Dengan adanya fitur terbaru ini, kalian akan diberikan hasil pencarian yang muncul ke bawah saat sebuah kata dimasukkan, dan juga kalian dapat memilih mana yang benar-benar kalian cari.

Bahkan dapat dikatakan fitur tersebut hampir sama dengan Google yang dimana akan memunculkan terlebih dahulu rekomendasi pencarian sebelum di klik. Maka dari itu banyak pengguna yang nantinya akan cukup terbantu dengan hal tersebut.

5. Tabel Konten pada Artikel
Selanjutnya mungkin juga akan menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan, karena nantinya akan terdapat tabel artikel yang dimana dapat menunjukkan bagian pada setiap informasi yang diberikan. Jadi semisal kalian hanya membutuhkan informasi tertentu pada hal yang kalian cari, dapat tinggal langsung klik pembahasan tersebut pada tabel tadi. Untuk button pada tabel tersebut nantinya akan sticky, yang artinya saat kalian scroll down button tersebut akan tetap berada pada bagian atas halaman kalian dan tidak tertinggal.

Tabel konten tersebut nantinya berupa dropdown atau saat kalian mengarahkan kepada button tersebut, akan muncul tabel ke bawah yang dapat kalian klik.

6. Bagian Header yang Sticky
Seperti yang sebelumnya kami telah jelaskan arti dari kata sticky tersebut, pada bagian header Wikipedia pun nantinya akan sticky juga. Yang sebelumnya kalian harus scroll ke atas lagi jika ingin melakukan search atau login pada Wikipedia, tetapi setelah adanya perubahan kalian akan diberikan header yang akan mengikuti scroll kalian. Sehingga pencarian atau fitur header lainnya, akan lebih mudah lagi dijangkau oleh para pembaca dan juga penggunanya.

7. Ubah Bahasa Tinggal Klik Saja
Wikipedia kini tersedia dalam berbagai Bahasa, yang dimana biasanya kalian harus mengunjungi website Wikipedia dengan tambahan alamat pada bagian depan seperti id, en, dan sebagainya. Namun kali ini, kalian cukup klik pada header halaman Wikipedia yang dimana terdapat button pilihan ubah Bahasa yang tersedia untuk artikel tersebut. Jadi kalian tidak perlu susah-susah mencari lagi website Wikipedia dalam Bahasa lain, cukup sekali klik saja.

8. Perubahan Anotasi Pada Tampilan Wikipedia
Nah perubahan yang terakhir tersebut belum cukup diketahui banyak orang, karena pada proposal perubahan Wikipedia hanya tertera perubahan anotasi pada tampilannya tersebut. Tapi belum tahu pasti apa saja yang nantinya akan dipindahkan, dilebih fleksibelkan, atau bahkan nantinya mungkin akan dihapuskan demi kenyamanan para pembaca. Sehingga nantinya mungkin tampilan pada Wikipedia akan lebih bersih lagi, dan juga nantinya fitur-fitur yang tata letaknya diubah tersebut dapat lebih mudah dijangkau dan diperhatikan oleh para pembaca juga.

9. Dapat Muncul di Halaman Facebook
Mungkin fitur ini yang juga cukup mengejutkan para penggunanya, karena saat kalian melakukan pencarian halaman artis atau orang terkenal pada facebook. Nantinya akan muncul hasil Wikipedia atau informasi artis tersebut di bagian kanan layer facebook, yang dimana bersumber dari Wikipedia. Sehingga kalian tidak perlu lagi membuka tab baru terhadap info artis yang kalian cari.

Post an ad here, contact us 088210361307

Popular

Adsense