Pesan Sponsor

Serba-Serbi Jurusan Kuliah di Bidang Pendidikan

Serba-Serbi Jurusan Kuliah di Bidang Pendidikan
Di perkuliahan kita tahu ada beberapa fakultas dengan sejumlah program studi. Misalnya Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Pendidikan dan sebagainya. Nah, khusu mengenai Fakultas Pendidikan, program studi di sana berkaitan erat dengan pendidikan. Fakultas ini merupakan fakultas yang berprospek kerja sebagai tenaga pendidikan. Padahal fakultas ini juga memiliki bidang yang lebih luas lagi seperti manajemen pendidikan dan teknologi pendidikan yang mampu mengembangkan pendidikan di Indonesia lebih tertata, modern, dan efisien.

Walau sering dianggap sebagai lulusan yang hanya mentok sebagai guru, tetapi fakultas ini tetaplah dibutuhkan. Sebab saat ini Indonesia membutuhkan tenaga pendidik yang kreatif dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah khususnya untuk peningkatan mutu pendidikan.

Menurut data ACDP, perbandingan rasio guru dan murid d Indonesia adalah 1 : 15. Setiap tahun diperkirakan sekitar 75 ribu guru pensiun. Hal ini menjadi kesempatan kerja yang besar bagi tenaga kependidikan. Tenaga pendidik juga tidak hanya melulu di sekolah saja. Bahkan, bisa menjadi guru di kursus, ataupun platform online, dan sebagainya. Kamu juga bisa membuat channel tentang video pembelajaran atau membuat platform belajar yang menarik.

Hal ini sangat berpengaruh pada peningkatan jumlah siswa dari tahun ke tahun. Akibatnya, Indonesia membutuhkan banyak tenaga pendidik. Lalu, apa saja jurusan-jurusan yang ada di bidang pendidikan? Berikut penjelasannya.

1. Manajemen Pendidikan
Kalau kamu punya ketertarikan di bidang pendidikan tetapi tidak mau jadi guru, manajemen pendidikan jawabannya. Jurusan ini cocok bagi kamu yang menyukai pelajaran ekonomi karena sejatinya, manajemen tidak lepas dari pelajaran ekonomi. Prospek kerja jurusan ini bisa menjadi konsultan pendidikan.

Manajemen Pendidikan tidak jauh beda dengan jurusan manajemen. Bedanya hanya manajemen pendidikan dikhususkan di bidang pendidikan. Di jurusan ini kamu akan dibekali ilmu perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan pendidikan agar sistem pendidikan lebih optimal.

Di jurusan ini, kamu dituntut berpikir kritis dalam mengubah program pendidikan yang lebih baik. Untuk jurusan ini kamu tidak dituntut untuk menjadi pengajar yang dihadapkan oleh siswa, dituntut tetapi lebih mengurusi program-program sekolah.

2. Teknologi Pendidikan
Jika kamu mempunyai passion di bidang teknologi dan pendidikan, jurusan inilah yang akan kamu ambil. Teknologi dan pendidikan jika disatukan dan dikembangkan akan menghasilkan suatu media pembelajaran yang efektif dan meningkatkan antusiasme dalam proses belajar mengajar. Kamu akan dibekali dengan materi pengembangan dan pengelolaan kurikulum pendidikan. Sesuatu yang kamu bisa buat di teknologi pendidikan ini salah satunya adalah media pembelajaran online. Apalagi di masa sekarang pasti media pembelajaran online akan sangat diminati. Prospek karir yang bisa kamu dalami adalah manajer pelatihan dan pengembangan.

3. Ilmu Perpustakaan
Untuk kamu yang hobi membaca buku, menata buku di perpustakaan sampai petugas perpus hafal namamu, mungkin jurusan ini cocok untuk kamu, yakni jurusan A perpustakaan. Namun, ilmu perpustakaan tidak hanya soal membaca buku, merapikan buku, tetapi juga tentang pengumpulan dan merapikan berbagai data dan arsip.

Di jurusan ini kamu harus bisa menguasai TIK karena penyimpanan data dan arsip sekarang sebagian besar berada di komputer sehingga keahlian IT sangat dibutuhkan. Melalui jurusan ini, kamu diharapkan dapat menjadi peneliti yang memiliki pengetahuan dan informasi yang luas serta menjadi tenaga yang terampil dalam mengolah data. Lulusan jurusan ini juga sering digunakan sebagai administrasi di perpustakaan termasuk data peminjaman buku. Prospek kerja di jurusan ini antara lain pustakawan, sekretaris ,dan bagian administrasi.

4. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan ini merupakan jurusan favorit bagi mahasiswa di Fakultas Pendidikan. Bahkan peminatnya jauh lebih banyak dari jurusan-jurusan di Fakultas Pendidikan. Jurusan ini mengajarkan tentang pelajaran di SD dan mengembangan sikap pribadi yang lebih sopan dalam pembelajaran seperti sopan, santun, dan beretika. Dari namanya jurusan ini mendorong kamu menjadi guru SD, tetapi jangan menganggap remeh jurusan ini karena guru SD merupakan guru yang paling penting dalam pendidikan. Mereka yang menjadi peletak dasar pembentukan karakter kita dan bertanggung jawab mengubah kepribadian siswa.

5. Pendidikan Guru PAUD (PGPAUD)
Jurusan ini hampir sama seperti guru SD, tetapi jurusan ini akan mempersiapkan kamu untuk menjadi pengajar anak pra sekolah atau anak yang dipersiapkan untuk sekolah. Di sini kamu harus memahami karakter setiap anak yang sangat beragam. Selain itu, kamu dilatih kesabaran karena kita akan menjumpai beberapa masalah pada anak pra sekolah seperti  mengompol, menangis, bertengkar, dan sebagainya. Hal itulah yang akan dipelajari dan bagaimana cara menghadapi masalah tersebut. Di sini pula kamu akan belajar mengenai berbagai macam metode pembelajaran bagi anak PAUD secara umum dan praktiknya.

Jangan sangka, guru PAUD memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak sebagai dasar menuju pertumbuhan dan perkembangan anak. Kamu bisa memilih jurusan ini untuk membentuk generasi penerus yang berkualitas sejak dini.

6. Pendidikan Bimbingan Konseling (BK)
Selanjutnya, ada jurusan Pendidikan BK. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai dasar dalam melakukan bimbingan dalam pendidikan. Kamu akan mendapat banyak ilmu terutama ilmu psikologis. Karena BK merupakan badan yang mempelajari tentang masalah pada psikologis, perilaku, dan kepribadian seorang anak sehingga seorang guru BK harus tahu semua hal itu.

Bagi kamu yang mempunyai passion di bidang pendidikan dan psikologis, jurusan ini sangat cocok. Tentunya harus didukung dengan sifat sosialis kamu untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan secara cepat dan efisien. Jurusan BK juga tidak hanya hanya berada di sekolah tetapi juga bisa ada di masyarakat seperti seorang psikolog. Prospek kerja jurusan ini adalah Guru BK dan Psikolog.

7. Pendidikan Guru Olahraga dan Kepelatihan
Bagi kamu yang ingin berkecimpung di dalam dunia pendidikan dan menyukai olahraga, jurusan pendidikan guru olahraga dan kependidikan ini sangat cocok. Prospek kerjanya adalah sebagai guru olahraga. Di jurusan ini, kamu minimal bisa melakukan semua jenis olahraga. Di jurusan ini banyak melakukan praktek olahraga di lapangan. Selain mendapatkan ilmu, kamu juga dapat menyehatkan tubuhmu. Jurusan ini juga tidak hanya berprospek sebagai guru, tetapi juga sebagai pelatih. Kamu bisa menjadi pelatih dalam suatu jenis olahraga tergantung olahraga yang paling kamu sukai. Tentunya kamu harus terlebih dulu mempunyai lisensi kepelatihan.

8. Jurusan Pendidikan Khusus
Bagi kamu yang punya ketertarikan dan rasa peduli yang tinggi terhadap kaum difabel, kamu dapat masuk di jurusan pendidikan khusus. Jurusan ini sering disebut pendidikan anak berkebutuhan khusus. Tak jauh berbeda dengan PGSD, hanya saja tenaga pendidik mengajar anak-anak berkebutuhan khusus. Tantangannya guru membutuhkan pelatihan dan kesabaran yang serius. Jurusan ini memiliki spesialisasi jurusan dengan berbagai macam anak difabel seperti pendidikan anak tunadaksa, tunalaras, tunagrahita, tunanetra, dan sebagainya.

9. Jurusan Pendidikan Luar sekolah
Jurusan kuliah di bidang pendidikan yang terakhir jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Jurusan ini mempelajari tentang mengembangkan masyarakat melalui pendidikan, pelatihan, dan penelitian melalui jalur informal.

Demikian serba-serbi jurusan di bidang pendidikan. Jangan pernah takut untuk masuk jurusan tertentu jika memang itu passion kamu. Karena setiap jurusan memiliki prospek kerja yang beragam. Tak hanya menjadi guru, jurusan di bidang pendidikan seperti yang sudah disebutkan bisa kamu pilih sesuai value pendidikan tertentu yang ada dalam dirimu.

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Lift Barang 10 Lantai

Pengertian dan Prinsip Kerja Hoist Crane

Cara Membuat Lift Barang Sederhana

Konsep Kerja Mesin Lift Barang

Rajin Pangkal Pandai

19 tahun bengkel cargo lift jaya

Halaman Selanjutnya