Pesan Sponsor

Pemkot Surabaya Bangun Fasilitas SWAB Tes Gratis, Hasilnya Keluar Dalam Satu Jam

Pemkot Surabaya Bangun Fasilitas SWAB Tes Gratis, Hasilnya Keluar Dalam Satu Jam

Sampai hari ini masih banyak masyarakat yang membutuhkan Rapid Tes. Biasanya yang membutuhkan Rapid Tes ini adalah mereka yang akan bepergian dengan menggunakan Pesawat Terbang atau menggunakan transportasi Kereta Api. Selain itu bagi anak-anak yang masuk ke sekolah atau Pondok Pesantren juga membutuhkan surat keterangan Rapid Tes dengan hasil Non Reaktif.

Namun banyak yang menyatakan bahwa Rapid Tes ini sebenarnya hasilnya kurang akurat, karena hanya mendeteksi kinerja dari Imun tubuh saja. Tes yang paling valid untuk mendeteksi keberadaan Virus COVID-19 di dalam tubuh adalah dengan SWAB Tes. Namun kendala yang dihadapi oleh masyarakat adalah, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tes tersebut. Untuk Rapid Tes biayanya sudah mencapai ratusan ribu. Sedangkan untuk SWAB Tes biayanya bisa mencapai jutaan rupiah.

Namun bagi warga Kota Surabaya tidak perlu khawatir lagi, sebab saat ini Pemerintah Kota Surabaya sudah menggratiskan biaya SWAB Tes (tes usap) ini. Bagi warga Kota Surabaya yang membutuhkan SWAB Tes gratis, bisa datang langsung ke laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) milik Pemerintah Kota Surabaya. Labkesda Kota Surabaya ini terletak di Jalan Gayungsari Nomor 124 Kota Surabaya.

Labkesda ini baru saja diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada hari Selasa (15/09/2020) kemarin. Sejak diresmikan, Labkesda ini langsung beroperasi selama 24 jam penuh guna melayani SWAB Tes gratis COVID-19 bagi warga Kota Surabaya. Labkesda ini adalah laboratorium satu-satunya yang dimiliki oleh Kabupaten/Kota, Karena biasanya labkesda ini dimiliki oleh Provinsi.

Secara normal, Labkesda ini mampu memeriksa sebanyak 2000 hingga 4000 sample setiap harinya. Untuk hasilnya sendiri bisa diketahui selang dua atau tiga hari kemudian. Dengan dibangunnya Labkesda ini, Wali Kota Risma berharap dapat memutuskan mata rantai penularan Virus COVID-19 di Kota Surabaya. Oleh karena itu Wali Kota Risma mengajak warga Kota Surabaya untuk bisa menggunakan Labkesda ini secara maksimal. Harapannya penyebaran virus Corona di Kota Phlawan ini segera menurun.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Risma juga mengingatkan kepada warga Kota Surabaya yang sering bepergian keluar kota agar bisa memanfaatkan SWAB Tes Gratis di Labkesda Kota Surabaya ini. Terutama bagi pengusaha atau driver yang sering keluar kota, agar bisa mampir sebentar untuk SWAB Tes di Labkesda ini sebelum pulang kerumah. Bagi warga Kota Surabaya, labkesda ini juga menyediakan SWAB Tes yang hasilnya bisa ditunggu. Biasanya hasil bisa keluar dalam waktu 1 jam hingga 1.5 jam.

"Jadi, sebelum pulang ke keluarga di rumah, sudah bisa tahu kondisi kesehatannya sendiri. Kalau hasilnya negatif, bisa langsung pulang ke rumah, namun kalau positif langsung dikarantina di Rumah Sakit Haji. Deangan demikian keluarga di rumah tetap terlindungi," papar Wali Kota Risma.

Lantas. bagaimana dengan warga luar Kota Surabaya yang ingin melakukan SWAB Tes di Labkesda ini..?. Rupanya Labkesda ini juga menerima warga diluar Kota Surabaya, namun mereka akan dikenakan biaya sebesar Rp120.000 per orang. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang ada didalam Peraturan Daerah yang telah di tetapkan.

Meskipun diharuskan membayar, namun harga tersebut bisa dipastikan lebih murah bila dibandingkan SWAB Tes di tempat yang lain. (yyan)   

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Lift Barang 10 Lantai

Pengertian dan Prinsip Kerja Hoist Crane

Cara Membuat Lift Barang Sederhana

Konsep Kerja Mesin Lift Barang

Rajin Pangkal Pandai

19 tahun bengkel cargo lift jaya

Halaman Selanjutnya