Pesan Sponsor

10 Skill yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate, Sudah Tahu?

10 Skill yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate, Sudah Tahu?

Selamat bagi kamu yang sudah lulus dalam pendidikan. Baik yang baru saja lulus SMA yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi maupun bagi kamu yang berhasil meraih gelar sarjana. Tentu saja, tantangan sebagai fresh graduate tidak mudah. Sejumlah skill perlu kamu tingkatkan agar mampu bersaing dengan orang lain. Sebab, dunia setelah kelulusan ternyata lebih keras.

Bagi kamu yang merupakan fresh graduate dan ingin melanjutkan pendidikan kembali, pastikan kamu sudah memiliki 10 skill berikut. Sejumlah skill ini sangat penting dalam membantu perkembanganmu di jenjang pendidikan selanjutnya. Apa saja? Berikut penjabarannya

1. Leadership
Kemampuan memimpin orang lain sangat penting dimiliki setiap orang. Sebab, jika kamu ingin menjadi orang hebat dan mampu berdampak bagi masyarakat luas, kamu harus mengasah skill kepemimpinan. Dengan menjadi pemimpin yang baik, segala rencana akan dapat kamu kendalikan dengan lancar. Karena hal tersebut memungkinkan kamu mampu mengatur seluruh tim sehingga memudahkan pekerjaan.

Kemampuan leadership bisa kamu latih dengan mengikuti organisasi semasa menempuh pendidikan. Jadi, bagi kamu yang sebelumnya belum terpikirkan untuk berorganisasi, pada jenjang pendidikan selanjutnya kamu harus mulai aktif di sana.

2. Public Speaking
Skill kedua yang tak kalah pentingnya adalah public speaking. Kemampuan berbicara di depan umum seharusnya sudah kamu latih sejak memasuki dunia pendidikan. Kamu juga pasti sudah sering mendapat tugas presentasi di depan kelas bukan? Sedikit banyak hal itu melatih kemampuan public speaking lho! Saat kamu diminta melakukan tugas itu, kamu tentu akan mempersiapkan diri dengan baik.

Kamu akan menyiapkan mental dan melatih rasa percaya diri. Hal ini juga bertujuan agar presentasimu dan tim memperoleh hasil maksimal. Saat kamu telah mampu menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah, secara tidak langsung kamu sudah menarik audiens. Nah, artinya kemampuan public speaking kamu sudah meningkat.

3. Teamwork
Saat menempuh pendidikan, kamu juga seringkali dihadapkan dengan kerja kelompok atau kerja tim. Teamwork ini merupakan salah satu kemampuan penting yang harus kamu kuasai. Sebab, terkadang terdapat sejumlah orang yang merasa kesulitan ketika bekerja dalam kelompok.

Hal ini bisa disebabkan karena dirinya terlalu memaksakan pendapat dan ego yang terlalu tinggi. Dalam teamwork, kamu banyak belajar bertoleransi. Alhasil, semakin banyak pemikiran dan ide-ide orang lain, pikiranmu juga semakin terbuka. Jadi, jangan menutup diri untuk berkembang ya!

4. Bekerja Secara Mandiri
Selain kemampuan bekerja dalam tim, kamu juga harus dapat bekerja secara mandiri. Hal ini berguna karena kamu akan mencapai tujuan dengan caramu sendiri. Kinerja dirimulah yang membawa kamu kepada kemajuan. Oleh karena itu, kamu juga harus dapat bekerja secara mandiri. Kondisi ini adalah kondisi yang paling sering kamu alami nantinya.

Dengan begitu, kamu wajib mengetahui cara terbaikmu untuk melakukan suatu pekerjaan. Misalnya sambil minum kopi, mendengarkan musik, ataupun menikmati suasana tenang. Tentukan posisi paling nyaman untuk kamu bekerja secara mandiri.

5. Pengoperasian Komputer
Saat ini, internet sangat menguasai dunia. Khususnya mengenai digitalisasi, setiap orang di zaman modern sekarang dituntut agar bisa mengoperasikan perangkat keras seperti komputer dengan baik. Hal ini karena hampir seluruh pekerjaan di dunia membutuhkan perangkat lunak yang dapat dioperasikan dalam komputer.

Misalnya saja, banyak perusahaan yang membutuhkan fresh graduate yang mempunyai kemampuan mengoperasikan windows, kemampuan videografi, dan sebagainya. Tentu untuk bisa bersaing dengan para pencari kerja di luar sana, kamu harus menguasai software penting yang diperlukan dalam dunia kerja.

6. Kreatif dan Inovatif
Dunia saat ini sudah dijejali oleh orang-orang cerdas. Akan tetapi, justru bidang kerja maupun dunia usaha sekarang membutuhkan orang-orang kreatif dan mampu berinovasi. Sebab, kreativitas dan inovasi inilah yang membedakan satu orang dengan orang lainnya. Mereka yang kreatif lebih banyak dipilih karena menghadirkan ide-ide baru yang belum pernah ada. Hal ini pasti menarik orang lain bukan?

Sebab, dunia berkembang karena adanya pikiran kreatif. Dampaknya, para pencari kerja selain bersaing dengan kecerdasan juga bersaing dalam hal kreativitas. Kembangkanlah kemampuan ini dengan cara banyak berpikir dan banyak mencoba hal-hal yang terbesit dalam pikiranmu.

7. Kemampuan Diplomasi
Diplomasi atau kecakapan menggunakan kalimat untuk menyampaikan suatu kepentingan ternyata sangat dibutuhkan. Kemampuan ini bisa disebut satu tingkat di atas kemampuan berpikir kritis. Saat kamu sudah memiliki pemikiran kritis, saatnya kamu menyampaikan pemikiran tersebut di muka umum. Tentu tidak mudah karena sebagian orang masih takut idenya tidak diterima oleh orang lain.

Padahal, saat kamu telah memiliki sebuah pemikiran, kamu harus mempertahankan opini itu jika memang pendapatmu dapat mengubah keadaan di masa depan. Bisa jadi pemikiran kritis yang kamu sampaikan dengan bahasa yang baik akan membuat orang lain respect terhadapmu. Kamu juga akan lebih dihargai.

8. Kemampuan Media Sosial
Skill yang tak kalah penting lainnya adalah kemampuan mengelola media sosial. Dunia yang sangat didukung teknologi saat ini mensyaratkan setiap pelajar dan mahasiswa untuk memiliki sosial media. Hal ini berguna sebagai personal branding yang nanti akan dilihat saat kamu melamar pekerjaan.

Biasanya sosial media berisi tentang hal-hal pribadi sehingga para penyeleksian pekerjaan bisa melihat karakter sang pelamar melalui media sosial pribadinya. Nah, mulai sekarang bangunlah personal branding sesuai dengan value yang ingin kamu tonjolkan.

9. Problem Solving
Kemampuan menyelesaikan masalah merupakan kemampuan yang harus ada dalam diri setiap orang. Sebab, kehidupan yang pernah dengan kompleksitas masalah perlu disikapi dengan dewasa. Semakin bertambah umur dan pengetahuan, kamu akan dihadapkan dengan masalah yang lebih besar. Begitu pula dengan dunia kerja.

Biasanya para penyeleksi akan meminta kamu mengutarakan pendapat yang menjawab problem dalam suatu kondisi. Dari hati tersebut mereka bisa menilai kemampuan problem solving yang kamu bisa. Skill ini sangat penting karena setiap perusahaan besar membutuhkan orang yang memiliki kemampuan problem solving dan berpengetahuan luas.

10. Manajemen Waktu
Saat kamu dewasa dan telah lulus dalam menempuh pendidikan, pasti pikiran dan pengetahuanmu juga sudah jauh meningkat. Kamu memiliki banyak mimpi dengan segala aktivitas yang membantumu mencapai impian. Banyaknya aktivitas inilah yang kemudian mendorongmu untuk manajemen waktu.

Agar semuanya terlaksana dengan baik, kamu harus menetapkan skala prioritas. Cara ini merupakan cara terbaik untuk manajemen waktu. Kamu bisa mulai melakukan pekerjaan dari yang paling penting dan paling mendesak. Adapun pekerjaan yang penting tetapi tidak mendesak, bisa kamu kesampingkan terlebih dahulu. Namun, jangan lupa untuk menyelesaikan semua urusan yang menjadi tanggung jawabmu ya!

Nah, itulah 10 kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Pastikan sebelum kamu lulus, kamu sudah menguasai 10 skill tersebut ya! Karena persaingan di hari esok pasti akan semakin berat, maka selalu tingkatkan nilai dirimu.

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Lift Barang 10 Lantai

Pengertian dan Prinsip Kerja Hoist Crane

Cara Membuat Lift Barang Sederhana

Konsep Kerja Mesin Lift Barang

Rajin Pangkal Pandai

19 tahun bengkel cargo lift jaya

Halaman Selanjutnya