Pesan Sponsor

5 Tips Mencari Informasi Beasiswa


5 Tips Mencari Informasi Beasiswa

Memasuki dunia perkuliahan biasanya para mahasiswa tergugah untuk mendapatkan beasiswa. Sebab, dengan beasiswa, mahasiswa mampu mengembangkan diri atau menambah skill. Tak jarang juga mereka mencari beasiswa yang bisa membantu biaya pendidikan. Dengan demikian, beasiswa menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan mahasiswa.

Untuk itu, kamu tidak boleh melewatkan jadwal beasiswa yang ada. Tentunya hal tersebut mesti disesuaikan dengan kebutuhan beasiswa yang kamu cari. Lantas, agar dapat mempersiapkan diri dengan baik, berikut 5 tips mencari informasi beasiswa.

1. Mencari Informasi Sedini Mungkin
Persaingan mendapatkan beasiswa memang tidak mudah. Apalagi saat ini, sebagian besar mahasiswa sudah mulai sadar ingin berkembang. Mereka pun terus mengasah skill dan meningkatkan kompetensi sesuai value beasiswa tertentu. Nah, hal ini harus kamu lakukan secara mandiri, lho! Maksudnya, kamu tidak mungkin selalu mengikuti aktivitas teman bukan? Misalnya saja kamu dan temanmu memiliki perbedaan skill, tentu beasiswa yang kalian incar pun akan berbeda pula.
 
Jika kamu merasa membutuhkan beasiswa tertentu, tips pertama kamu harus mencari informasi sedini mungkin. Minimal satu bulan sebelum deadline beasiswa, kamu sudah harus mempersiapkan diri. Hal ini berguna karena proses seleksi beasiswa biasanya memerlukan berkas yang lengkap Dan cukup menyita waktu lama. Agar hasilmu maksimal, pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan dokumen hingga essay beasiswa yang dibutuhkan. Hindarilah untuk berkata "tapi" atau "nanti" tetapi cobalah membiasakan untuk melakukannya sekarang. Menunda-nunda pekerjaan sangat tidak baik. Bahkan, bisa berakibat pekerjaan terbengkalai dan kamu gagal mengambil kesempatan mendaftar beasiswa. Bulatkan niat dan tekadmu agar jalan mendapatkan beasiswa juga dipermudah. Pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan yang tertera dalam informasi beasiswa ya!

2. Menggali Informasi Sebanyak-banyaknya
Selain mencari informasi dengan cepat dan tepat, kamu juga semestinya mencari informasi beasiswa tak hanya satu. Lebih banyak informasi, asalkan relevan, akan lebih baik bagimu. Ketika kamu telah mencari sejumlah list beasiswa, kamu bisa menyaring sesuai keinginan atau tujuanmu. Selain itu, pilihlah beasiswa yang syarat dan ketentuannya mampu kamu penuhi. Karena jika terlalu memaksakan sesuai syarat, justru kamu akan terbebani.

Jangan bergantung pada satu beasiswa saja. Karena jika hal itu kamu lakukan, kamu tidak punya kesempatan lebih banyak. Dalam arti lain, kamu hanya berfokus agar satu beasiswa tersebut kamu dapatkan. Padahal proses seleksinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu pun harus berpikir realistis terhadap persaingan yang kian hari semakin ketat. Carilah

cadangan beasiswa lain yang masih relevan dan mampu kamu capai.

Jika kamu memiliki cukup banyak informasi beasiswa dan kamu mampu mendaftar lebih dari satu, peluangmu mendapatkan beasiswa akan semakin besar. Namun, pastikan sebelum apply, kamu yakin jika diterima nanti beasiswa tersebut bisa kamu manfaatkan. Cukup banyak cerita sudah diterima beasiswa, tetapi pemanfaatannya kurang. Alhasil beasiswa tersebut terasa tidak ditujukan pada orang yang tepat. Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk berkembang ya!

3. Mencari Informasi Online dan Offline
Saat ini, informasi beasiswa sangat mudah kamu dapatkan. Kamu tidak perlu pusing dimana harus mencarinya. Cukup ketik keyword di mesin pencari pun sudah bisa kamu akses informasi beasiswa yang kamu butuhkan. Tak hanya itu, media online lain seperti instagram, facebook, whatsapp, ataupun telegram, telah banyak menyebarkan informasi beasiswa. Tentunya jika kamu bergabung dengan grup tertentu yang relevan dengan beasiswa.

Meskipun telah tersedia informasi beasiswa secara online, tidak ada salahnya kamu juga mencari informasi secara offline. Kamu bisa bertanya kepada teman yang sama-sama mencari beasiswa, menghubungi helpdesk universitas, ataupun bertanya kepada dosen. Kadang kala informasi beasiswa tertentu tidak tersedia secara online. Beasiswa seperti itu biasanya ditujukan dengan ketentuan khusus sehingga tidak untuk dipublikasikan di media online. Jika dalam kondisi tersebut kamu memenuhi syaratnya, tentu kamu tidak ingin melewatkan informasi beasiswa bukan?

Agar mendapatkan informasi lebih lengkap, jangan melewatkan kesempatan untuk bertanya secara offline ya. Kamu juga mendapat keuntungan bisa menggali informasi lebih banyak jika bertemu langsung dengan sumber informasi atau bahkan si pemberi beasiswa. Bertanyalah agar informasi lebih banyak kamu dapat sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan beasiswa.

4. Memperhatikan Deadline
Hal yang tak boleh kamu lupakan adalah mencatat jadwal berakhirnya beasiswa. Batas waktu (deadline) seperti ini biasanya tertera pada pamflet atau guide books beasiswa. Mencatat deadline sangat penting agar kamu bisa memprediksi waktu yang kamu butuhkan untuk mempersiapkan berkas beasiswa. Dengan bekerja lebih cepat kamu bisa mengumpulkan berkas tepat waktu.

Jika perlu, tandailah dalam kalender. Atau bisa juga membuat alarm dalam kalender handphone. Hal itu berguna agar kinerja persiapan dokumenmu akan sesuai deadline bahkan lebih cepat. Kamu juga tidak boleh bersantai-santai mengingat deadline yang telah tercatat. Saat kamu benar-benar menginginkan beasiswa tersebut, kamu pasti akan mencatat dengan detail informasi di dalamnya, termasuk mengenai deadline pendaftaran atau pengiriman dokumen.

Dengan mengetahui deadline, hal ini dapat meminimalisasi agar waktumu tidak terbuang sia-sia. Bayangkan jika kamu telah menyiapkan dokumen, tetapi saat akan mendaftar, ternyata sudah melebihi batas waktu pendaftaran. Selain kecewa, kamu juga kehilangan banyak waktu. Padahal menjadi seorang mahasiswa sangat penting memanajemen waktu agar semua hal bisa terselesaikan dengan baik. Gunakanlah waktu untuk sesuatu yang bermanfaat bagimu.

5. Bertemanlah dengan Mereka yang Satu Visi Misi
Tips selanjutnya kamu bisa memanfaatkan relasi pertemanan. Cobalah berteman dengan mereka yang satu visi misi. Berada di sekeliling orang-orang tersebut akan memudahkanmu mendapatkan informasi beasiswa. Pilihlah juga teman seperjuangan yang berupaya mendapatkan beasiswa dalam satu value yang sama. Dengan ini kamu dapat berdiskusi jika terjadi hambatan dalam proses pendaftaran.

Bahkan, sekarang telah dibentuk komunitas atau club khusus yang bergerak dalam bidang perencanaan mendapatkan beasiswa. Tujuan dibentuknya komunitas beasiswa adalah memberikan informasi beasiswa yang sekiranya mungkin didapatkan para mahasiswa. Kegiatannya bisa meliputi seminar beasiswa, tips membuat motivation letter, ataupun sharing pengalaman dari penerima beasiswa sebelumnya.

Dengan mengikuti komunitas tersebut, informasi beasiswa bertebaran masuk. Terlebih lagi orang-orang di sekeliling merupakan mereka yang mendukung penuh akan pentingnya beasiswa. Komunitas seperti ini bisa kamu jadikan support system berdasarkan pencapaian visi misi yang sama. Terdengar menyenangkan berada di tengah para pencari beasiswa, bukan?

Sekarang kamu tidak perlu bingung atau merasa kehilangan ide mengenai di mana kamu mendapat informasi beasiswa. Dengan tips tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi beasiswa yang cukup. Selain itu, waktu menyiapkan dokumen pun cukup lama. Kamu juga bisa menambah relasi dengan sesama pejuang beasiswa loh! Tips tersebut cukup manjur? Jangan lupa share informasi ini agar semakin bermanfaat ya. Terimkasih!

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Lift Barang 10 Lantai

Pengertian dan Prinsip Kerja Hoist Crane

Cara Membuat Lift Barang Sederhana

Konsep Kerja Mesin Lift Barang

Rajin Pangkal Pandai

19 tahun bengkel cargo lift jaya

Halaman Selanjutnya